Buntut Ledakan di Pabrik Foxconn, Produksi iPad2 Dihentikan

CHENGDU, SELASA – Ledakan di pabrik Foxconn di Chengdu, Cina yang mengakibatkan tiga jiwa melayang dan 15 orang terluka pada 20 Mei lalu telah menyebabkan proses produksi di pabrik itu dihentikan. Padahal dari lokasi itulah, 25% – 30% dari total Apple iPad2 dikapalkan pada April lalu (sisanya dikerjakan di pabrik yang berlokasi di Shenzhen, Cina).

Sekadar informasi, lini produksi iPad2 di pabrik baru Foxconn di Chengdu itu belum lama dioperasikan. Selain di Chengdu, Foxconn memiliki pabrik di Shenzhen yang menjadi lokasi manufaktur utama bagi tablet PC.

Sebenarnya melalui pabriknya di Chengdu, Foxconn bermaksud menggenjot produksi iPad2 menjadi 3 – 4 juta unit dalam kuartal kedua. Sebelumnya, di kuartal pertama, jumlah produksinya sekitar 600.000 unit. Target berikutnya, semester kedua 2011, Foxconn berniat mendongkrak angka produksi menjadi 13 – 14 juta unit per bulan.

Sementara itu dari pabrik di Shenzhen, Foxconn akan mendongkrak produksi iPad2 secara lebih lambat. Output bulanan dari lokasi itu diharapkan meningkat dari 1,8 juta – 2 juta di kuartal pertama menjadi 4 juta – 5 juta per bulan, kemudian menjadi 9 – 10 juta unit pada semester kedua.

Terkait ledakan dan kebakaran di pabrik Chengdu, Foxconn telah merilis pernyataan bahwa pihaknya sedang melakukan penelitian bersama pihak berwajib. Produksi telah dihentikan sampai penyidikan tuntas, begitu kata Foxconn seperti dikutip digitimes.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: