Waspada, Antivirus Palsu untuk Mac Ganti Wajah

JAKARTA, JUMAT – Pengguna Mac, tingkatkan kewaspadaan. Antivirus palsu untuk Mac OS X kini menggunakan teknik-teknik yang dipakai di versi Windowsnya untuk menerobos masuk sistem Mac.

Dua vendor sekuriti, Sophons dan ESET, mencatat bahwa versi baru dari Macdefender yang beredar sekarang tidak lagi meminta password administrator. Ditemukan pertama kali pada awal Mei, Trojan ini menyerang para pengguna Mac yang masuk ke situs web palsu karena mengikuti hasil pencarian yang sudah ‘dikerjai’.

Dalam advisory-nya, Apple mengatakan bahwa permintaan password administrator  memberi kesempatan baik bagi pengguna untuk membatalkan instalasi software antivirus palsu. Namun sekarang serangan itu tidak lagi meminta password. Ini serupa dengan cara para hacker membobol komputer Windows yang menghindari peringatan UAC (user account control).

Sekarang, instalasi akan aktif ketika kamu mengikuti hasil pencarian yang tidak bersih. Dan begitu terinstal, malware akan meminta kamu memasukkan informasi kartu kredit untuk membeli software tersebut. Jangan lakukan ya.

Dan Clark dari ESET merekomendasikan pengguna untuk mematikan opsi ‘open safe file after downloading’ di sistem Mac, setidaknya sampai Apple merilis update sekuriti yang dijanjikannya belum lama ini. Ancaman lain yang juga dikenal dengan nama Macsecurity dan Macguardian telah berubah dengan cepat sejak ia pertama kali dideteksi.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.