BAPCo Bantah Alasan Hengkangnya AMD

JAKARTA, SENIN- Keluarnya AMD dari konsorsium BAPCo dan keengganan AMD untuk merestui pemakaian benchmark SYSMark 2012 menyisakan buntut. Konsorsium BAPCo merasa perlu mengeluarkan pernyataan terkait dengan hengkangnya AMD dari lembaga nirlaba tersebut.

Pekan lalu, AMD mengatakan alasan keluarnya mereka dari BAPCo akibat benchmark SYSMark 2012 tidak secara akurat mencerminkan beban kerja pengguna, juga tidak memperhitungkan akselerasi GPU dalam chip-chip APU (accelerated processing unit) Llano-nya. Ini dijawab BAPCo dengan mengatakan bahwa konsorsium mendukung “100% proposal SYSMark 2012 yang mereka (AMD) ajukan ke konsorsium.”

BAPCo membantah  klaim AMD tentang aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk menghasilkan skor SYSmark 2012 tidak mencerminkan pemakaian umum. Menurut BAPCo, “aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam SYSmark 2012 telah dipililih berdasarkan riset pasar dan mencakup Microsoft Office, Adobe Creative Suite, Adobe Acrobat, Winzip, Autodesk AutoCAD dan 3ds Max, dan lain-lain.”

BAPCo juga menekankan peran AMD dalam pembuatan Sysmark 2012 dengan mengatakan, “Kami menyambut partisipasi penuh AMD dalam siklus pengembangan dua tahun Sysmark 2012, peran kepemimpinan AMD dalam membuat proses pengembangan yang digunakan BAPCo saat ini dan dalam menyediakan resources ahli untuk mengembangkan konten beban kerja.”

Tentang klaim AMD yang mengatakan mencoba mengubah Sysmark 2012 agar mencerminkan beban kerja yang realistik, BAPCo mengatakan,  “Setiap anggota BAPCo punya satu suara untuk sebarang proposal yang dibuat oleh perusahaan anggota. AMD memberikan suara dalam lebih dari 80% milestone pengembangan Sysmark 2012, dan didukung oleh BAPCo dalam 100% untuk proposal Sysmark 2012 yang mereka ajukan kepada konsorsium.”

BAPCo juga menyatakan tidak pernah mengancam akan mengeluarkan AMD dari konsorsium kendati ada pelanggaran kewajiban terhadap BAPCo di bawah perjanjian anggota konsorsium.

Seperti dikutip the Inquirer, AMD mengatakan nVidia dan VIA juga keluar dari BAPCo. Hal ini dikuatkan oleh daftar anggota yang dikirimkan BAPCo. Dalam pernyatasannya, BAPCo mengatakan bahwa ia “adalah konsorsium nirlaba yang terdiri dari banyak pemimpin dalam bidang high-tech, termasuk Dell, Hewlett-Packard, Hitachi, Intel, Lenovo, Microsoft, Samsung, Seagate, Sony, Toshiba dan ARCintuition”.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

One thought on “BAPCo Bantah Alasan Hengkangnya AMD

  • 29/06/2011 at 12:41
    Permalink

    awesome review thanks for your kind effort, great post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.