Nvidia Mantapkan Grafis di Piranti Genggam

Jeff yen, Senior Technology Marketing Manager, Nvidia Corporation.

JAKARTA, SELASA – Pertumbuhan perangkat genggam (mobile) yang tinggi sejak 4 tahun terakhir tidak terlepas konvergensi fungsi yang bisa ditangani oleh piranti-piranti ini. Hal ini kemudian mulai menggeser PC desktop terutama dalam hal kemampuan mobilitas dan harga.

Demikian disampaikan Jeff Yen, Senior Technology Marketing Manager, Nvidia Corp., dalam update teknologi Nvidia di Jakarta. Menurut Jeff komputer lawas yang punya banyak keterbatasan kini mulai bisa digantikan oleh perangkat-perangkat mobile yang punya kemampuan sama. “Bayangkan, dulu dengan uang $3200 kita cuma bisa membeli sebuah PC dengan grafis, prosesor dan sistem lain yang mumpuni. Sekarang uang segitu bisa membeli perangkat PC lengkap dengan sound system mewah berikut tambahan perangkat mobile yang lebih canggih,” jelas Jeff.

Ia juga menuturkan, selain harga, salah satu yang mendorong pertumbuhan PC ringan dan perangkat genggam adalah kemampuan grafis, karena pengguna saat ini menuntut kemampuan itu utnuk beragam kebutuhannya seperti bermain game, menonton video, sampai browsing ke laman web dengan kebutuhan grafis tinggi. “Di PC, orang makin menuntut tampilan grafis yang kian bagus. Itulah sebabnya game-game sekarang berbeda dari sebelumnya. Teknologi PhysX dari Nvidiamendorong perubahan demi menghadirkan grafis yang lebih realistis,” tambah Jeff. Hal ini pun akan berlaku di perangkat mobile, dimana kebutuhan akan kinerja grafis segera meningkat dengan hadirnya konten-konten baru baik berupa flash, game 3D, atau film berdefinisi tinggi. Khusus yang ini Nvidia menyiapkan prosesor Tegra-nya sebagai strategi utama pengembangan pasar.

Jeff Yen juga memaparkan update terbaru dari proyek “Kal-El” milik Nvidia yang diperkenalkan Nvidia awal tahun ini dan sudah siap diproduksi¬† pada Agustus mendatang. Kal-El sendiri merupakan proyek dalam roadmap Nvidia di tahun 2011 yang cukup menyita perhatian. Dalam proyek ini Nvidia “menciptakan” prosesor tablet PC pertama berinti 4¬† (Quad Core) yang disandingkan dengan prosesor grafis Nvidia berinti 12 dan mendukung 3D stereo. “Prosesor generasi baru Nvidia ini bakal 5 kali lebih cepat dibanding Tegra 2 serta bisa menjalankan video HD beresolusi 2560×1600,” kata Jeff sembari memutar video demo salah satu game yang dijalankan menggunakan prosesor dari proyek Kal-El.

 

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.