TD-LTE Tuntas Diuji-Cobakan NSN

JAKARTA, JUMAT – Koneksi mobile broadband 4G? Pasti cepat dong ya. Di Indonesia baru sebagian kecil dari kita yang bisa menikmati layanan supercepat tersebut. Sedangkan di Cina, dua kota baru saja mengujicoba layanan TD-LTE (4G) dari operator China Mobile.

Di Hangzhou dan Xiamen, uji coba itu dilakukan Nokia Siemens Networks (NSN) di jaringan China Mobile yang beroperasi sejak Mei. Para pengguna layanan itu disebutkan mendapatkan kecepatan unduh dan unggah sampai 100Mbps. Konferensi video online HD dan video streaming pun berlangsung tanpa putus-putus.

NSN memasang perangkat single RAN advanced TD-LTE pada spektrum 2,3 dan 2,6GHz.  Sistem manajemen jaringan dari NSN, NetAct,  menyediakan kemampuan konfigurasi, pemantauan dan sistem dukungan operasional selama uji coba tersebut. Nokia Siemens Networks juga menyediakan layanan perencanaan dan optimalisasi jaringan.

Bekerjasama dengan Kementerian Informasi dan Industri Teknologi China (MIIT), NSN saat ini sudah tuntas menguji coba jaringan inti dan kini sedang mengetes akses radio.

“Di kawasan Zheijang, kami mencetak tonggak sejarah pada awal tahun ini dengan 50 juta pelanggan dan juga dapat melihat ledakan akses data di dalam jaringan,” kata Zhong Tianhua (General Manager, China Mobile Group Zhejiang Co. Ltd) dalam rilis pers yang PCplus terima.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

One thought on “TD-LTE Tuntas Diuji-Cobakan NSN

  • 09/07/2011 at 13:50
    Permalink

    salut buat operator china yang mengupgrade jaringanya ke 100mbps(max 12.3mb/s), sepertinya negara luar lebih mementingkan kualitas dan kuantitas layanan. Bandingkan dengan telkomsel udah mahal jaringanya digadang2 max 14.4mbps (1800kb/s) padahal yang didapat cuma 520kbps(max 69kb/s). Pesan saya buat Telkomsel Lepas lah batasan speed inetnya! Kok bisa min 500kb/s ! ! ! !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.