Waspada, Spammer tak Pernah Mati Gaya

JAKARTA, JUMAT – Belakangan ini mungkin kamu agak jarang menerima spam. Jumlah spam massal, begitu lapor Cisco, pada perioda Juni 2010 – Juni 2011 turun drastis dari 300 miliar per hari menjadi 40 miliar per hari.  Ini akibat para pelaku spam (spammer) tak lagi melakukan spam massal gaya tradisional.

 

 

Namun tetap waspadalah, karena spammer tidak pernah mati gaya. Apa maksudnya? Hmm, spammer ternyata beralih strategi besar-besaran. Mereka kini melakukan serangan lebih terarah via malware atau APT (advanced persistent threats) yang berdampak kerugian finansial.

Spearphising, alias penipuan yang lebih fokus pada individu atau perusahaan tertentu dengan serangan berdaya rusak besar, dilaporkan meningkat 3x, sedangkan penipuan dan serangan yang merusak meningkat 4x. Yang dicuri adalah aset intelektual berharga. Per tahunnya, kerugian akibat kejahatan terarah pada perusahaan-perusahaan di seluruh dunia itu bernilai US$ 1,29 miliar.

Contoh dari serangan terarah adalah worm Stuxnet. Worm ini berpotensi mengganggu sistem komputasi industri dan dapat menyerang sistem yang tidak terhubung jaringan atau internet.

Begitu tercantum dalam laporan keamanan Cisco. Studi global yang dikumpulkan Cisco Security Intelligence Operations (SIO), ini memadukan pandangan dari 361 profesional di bidang teknologi informasi dari 50 negara. Sebagai informasi, Cisco SIO merupakan ekosistem keamanan berbasis cloud terbesar di dunia, yang menggunakan data SensorBase di hampir 1 juta feed data langsung dari penggunaan e-mail, web, firewall dan solusi Intrusion Prevention System (IPS) Cisco.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.