Nama McDonald Kembali Dicatut

JAKARTA, JUMAT – Kalau kamu suka Twitter-an dan ikutan kuis, hati-hati ya. Sebab ada kuis twitter yang mengecoh. Kamu memang mendapat ‘hadiah’ tapi bukan hadiah seperti yang ditawarkan di kuis.

Begitu yang terjadi kalau kamu mengikuti kuis twitter dengan hashtag “ #mcdonald gift card”. Banyak orang di beberapa negara, begitu lapor Trend Micro, terpikat hadiah yang ditawarkan dan mengklik URL singkat yang menyertai  hastag tersebut, lalu mengklik “Join Now”. Hasilnya, bukan hadiah yang diperoleh, tapi pengklik justru diarahkan ke ke sebuah situs porno dewasa.

Menurut Trend Micro, inilah taktik malicious yang masuk ke dalam ranah social media. Ini juga bukan pertama kalinya nama McDonald dicatut. Sebelumnya, di AS juga ada Mystery Santa, yang  mendonasikan $500 gift card dari McDonald untuk kaum tunawisma. Juga ada promo Phish Fillet, Coca Cola dan Free Lunch yang tidak benar.

Sayang belum ada penyelidikan pasti untuk mengetahui apakah si pelaku mendapatkan idenya dari kegiatan tersebut. Tapi satu yang perlu kami ingat, berhati-hatilah mengklik link yang ditawarkan kuis di social media, termasuk Twitter.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.