Hati-hati dengan Undangan Twitter Main Draw Something

JAKARTA, JUMAT – Suka main game online Draw Something? Hati-hati ya. Sebab para scammer sedang memanfaatkan popularitas game tersebut untuk menjebak siapa pun. Jebakannya adalah kamu sudah memenangkan sebuah hadiah.

Adalah pakar sekuriti Sophos Graham Cluley yang melihat scam tesebut. Ia mengatakan bahwa hiruk-pikuk tentang game Draw Something yang bulan lalu dibeli Zynga, telah menarik minat para spammer.

“Game Draw Something begitu berhasil, dan diunduh ratusan juta kali ke smartphone Android dan iPhone sejak ia diluncurkan awal bulan lalu,” kata Cluley. “Tapi dengan begitu banyaknya berita dan minat pada game bergaya Pictionary, mungkin tidaklah mengejutkan jika para scammer mencoba mencari uang panas dengan mendompleng popularitasnya.”

Scam ini menyebar di Twitter melalui pesan dari sebuah akun, yang mengatakan bahwa mereka sedang membagi-bagikan hadiah kepada para pemainnya. Padahal sebenarnya akun tersebut sama sekali tidak punya link ke perusahaan Zynga.

“Jika kamu mengunjungi situs itu, kamu akan diminta menjawab beberapa pertanyaan sederhana sebelum dinyatakan berhak menerima sebuah hadiah,” jelas Cluley. “Namun yang akan kamu temukan adalah kamu dibawa ke sebuah scam survei yang tak asing lagi. Peluangmu untuk mendapatkan sebuah hadiah sangatlah kecil – bisa jadi kamu justru akan memberikan informasi pribadimu, atau membantu scammer mendapatkan komisi.”

Nah, jadi berhati-hatilah kalau menerima pesan yang mengajak main game Draw Something ya!

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

One thought on “Hati-hati dengan Undangan Twitter Main Draw Something

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.