WD Perkenalkan Sentinel DX4000 untuk UKM

Seorang model menunjukkan WD Sentinel DX4000 saat peluncurannya Rabu (14/3). Perangkat server penyimpan data ini diperkenalkan Western Digital untuk pengguna UKM.

 

Jakarta, Rabu – Western Digital hari ini (14/3) mengenalkan produk anyarnya, Sentinel DX400, sebuah server penyimpan data khusus untuk usah skala kecil dan menengah (UKM).

Meskipun ditujukan untuk UKM namun produk ini dibuat setara dengan server penyimpan data kelas enterprise. “Harddisk-nya bukan harddisk biasa, melainkan Western Digital Raid Grade serta sudah punya sistem operasi Windows Storage Server 2008. Ini adalah yang pertama dipakai di storage kelas UKM,” jelas Tirtasaputra Salim (Sales Manager, Branded Products, Western Digital). Selain itu perangkat yang bisa menampung sampai 4 rak harddisk ini juga dibekali dengan prosesor Dual Core Intel Atom D525, dua port gigabit ethernet (1000Mbps), dan power supply ganda untuk memastikan produk bisa beroperasi 24 jam penuh. “Kalau dibutuhkan, kita juga bisa melakukan off-site backup ke internet kalau-kalau perangkat ini mengalami kerusakan fatal,” tambah Tirta.

Kapasitas maksimum yang bisa ditangani Sentinel DX4000 sebesar 12 terabyte, namun di paket penjualannya Western Digital menyediakan 2 tipe kapasitas, yakni 4 terabyte dan 8 terabyte. Pengguna bisa memilih konfigurasi otomatis antara RAID 1 dan 5.

Karena dibuat untuk UKM, maka WD secara spesifik mendesain Sentinel DX4000 supaya mudah dipakai. Konfigurasi perangkat misalnya, yang dengan mudah bisa dilakukan dengan dashboard berupa antarmuka grafis yang jauh dari kata rumit. Dengan beberapa klik, perangkat ini sudah siap dipakai, bahkan pembuatan kebijakan keamanan pun bisa dilakuakn dengan mudah. Oh ya, perangkat ini maksimum bisa mendaftarkan sampai 25 akun pengguna.

Karena punya basis sistem operasi Windows Storage Server, perusahaan yang sudah memiliki sistem Active Directory bisa dengan mudah menghubungkan jaringannya ke Sentinel DX4000. Bahkan jika dibutuhkan, perangkat ini juga bisa dikonfigurasi supaya bisa diakses dari internet menggunakan nama domain sendiri.

Di Indonesia, Western Digital Sentinel DX4000 dipasarkan dengan harga kisaran US$ 1.029 untuk kapasitas 4 terabyte dan US$ 1,525 untuk kapasitas 8 terabyte. Harga ini sudah termasuk garansi 1 tahun dan dukungan teknis gratis selama 30 hari. Tapi jika butuh perpajangan masa dukungan teknis pengguna bisa mengambil paket layanan WD Guardian yang bisa menambah masa garansi dan dukungan teknis sampai 3 tahun.

 

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.