Nvidia Di Balik Desain Sepeda Gunung Downhill yang Paling Ringan

JAKARTA, RABU – Kalau kamu bukan penggemar olahraga sepeda gunung (MTB – mountain terrain bike), besar kemungkinan kamu tak tahu apa itu Trek. Trek adalah merek sepeda gunung tipe downhill yang hadir sejak 1976. Sepeda ini diproduksi oleh Trek Bycycle Corp yang bermarkas di Waterloo.

Model terbaru Trek adalah Carbon Session 9.9. Ini adalah sepeda gunung tipe downhill yang paling ringan dengan rangka berbobot 3,3kg. Model inilah yang dipakai oleh juara dunia 2011 (World Cup) Aaron Gwin. Sepeda berbahan serat karbon ini disebutkan sebagai sepeda downhill tercepat di dunia. Namun proses pembuatan desain, prototipe dan produksinya hanya setengah waktu yang biasa diperlukan untuk mendesain sepeda sejenis.

Kok bisa begitu? Ini karena peran teknologi canggih di balik proses pembuatan Trek Carbon Session 9.9. Sebagai software desain, Trek menggunakan SolidWorks 3D CAD. Software ini dijalankan di workstation-workstation Dell Precision yang menggunakan GPU Nvidia Quadro.

Mau tahu tantangan yang dihadapi desainer dalam membuat Trek model terbaru itu? Klasik kok, yakni menemukan rasio bobot/tarikan. Cuma perhitungan ala road-bike, yakni bobot ringan menghasilkan performa tercepat, tidak berlaku untuk sepeda gunung tipe downhill. Sebab sepeda harus sangat kuat dan stabil agar tidak mudah rusak. Selain itu proses produksinya harus cepat. Dan ini semua bisa diwujudkan dengan bantuan teknologi Nvidia Quadro yang terpasang di workstation Dell Precision.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.