PIXMA MX Series, Printer Kantoran yang Bisa Cetak Nirkabel

Canon Pixma kembali memperkenalkan serangkaian printer Black Series terbarunya yang ditujukan sebagai printer office-all-in-one. Sebelumnya, Pixma juga telah memperkenalkan printer Black Series home-all-in-one yang ditujukan untuk pengguna rumahan dan UKM. Bedanya, seri untuk home-all-in-one menggunakan kode seri depan MG, MP, dan E500. Sementara untuk seri office-all-in-one menggunakan kode seri depan MX dan E600. Diluncurkan juga Seri E600, printer hemat tinta kelanjutan dari E500.

Meski mengusung warna tema serupa dengan versi printer rumahan, printer kantoran ini memiliki beberapa fitur berbeda, seperti Automatic Document Feeder (ADF), sehingga kamu bisa memilih pengaturan jenis kertas di tiap traynya. Dual function panel, memudahkan pengoperasian, karena panel di kanan menyala sesuai fungsi yang ditekan pada panel kiri. Misal kita hendak mengefax, maka tombol panel kanan menyalakan angka. Ketika hendak mengopi, tombol panel kanan menampilkan fungsi copy. “Lebih user friendly,” terang Division Manager Consumer System Product Division Canon Indonesia Monica Aryasetiawan. Oiya, fungsi fax ini pulalah yang tak ada di seri Pixma Black versi rumahan.

Keunggulan lainnya adalah fitur Fast Front, dimana semua bagian printer bisa diakses dari bagian depan. Mengakses catridge tak perlu repot lagi. Untuk catridge versi premium, Pixma MX897, tiap warna menggunakan catridge terpisah. Khusus untuk versi premiumnya, MX897 punya fitur unggulan, Advance Media Handling. Ini adalah kemampuan auto duplex , yaitu mencetak bolak-balik secara otomatis tanpa harus membalik kertas. Printer ini juga punya kemampuan two-way-paper-feeding, sehingga ketika kertas ditaruh di bagian atas ataupun bawah, tetap bisa ditarik oleh printer. “Bisa juga disetting, kertas foto ditarik dari atas, dan kertas biasa dari bagian bawah,” tambah Monika.

Nah, berhubung sekarang adalah jamannya komputasi awan, dimana banyak data kita tersimpan di internet, Canon menyediakan kemudahan mengeprint dari internet dengan Pixma Cloud Link. Cloud server Pixma menyediakan berbagai template kartu hingga amplop, sehingga kamu bisa membuat sendiri ketika barang-barang itu diperlukan. Untuk mencetak foto dari internet langsung ke printer Canon, saat ini baru bisa dilakukan lewat layanan Picassa. Tapi, ini bisa dilakukan jika printer terhubung dengan jaringan internet.

Kemampuan asyik lainnya adalah mengeprint lewat wifi. Cukup nyalakan wifi di notebookmu, kamu bisa langsung mengeprint bolak-balik atau scan bolak-balik tanpa harus menghampiri printer. Lagi-lagi, printer harus dalam keadaan terkoneksi dengan jaringan dan dalam notebook terinstal software bawaan Canon. Begitupula dengan mobile printing, bisa dilakukan dari perangkat iOS kamu langsung ke printer Pixma ini. Syaratnya, tentu harus sudah memasang apps Canon.

Printer ini juga bisa menyederhanakan pencetakan dari web yang biasanya berakhir acak-acakan dan boros kertas. Dengan software bawan Canon, kamu bisa mengatur bagian halaman tertentu saja yang diprint dan menyusunnya dalam selembar kertas saja. Bisa juga diatur besar-kecil teks yang akan dicetak. Nah, ketika didemokan dalam peluncurannya, printer ini pun tidak berisik. Sementara untuk seri hemat tinta Pixma E600, serupa dengan E500 namun ditambahkan kemampuan fax pada printer ini.

Pixma MX Series terdiri dari seri MX377, MX 437, MX517 dan MX897. Semakin besar serinya, semakin lengkap fiturnya, semakin cepat, semakin besar bodinya, dan tentu semakin mahal harganya. Pixma E600 dibanderol Rp1.450.000,00 dengan harga tinta Rp125.000 (hitam) dan 150.000 (warna). Pixma MX377 seharga Rp1.075.000,00; Pixma MX437 Rp1.425.000,00; MX517 Rp1.625.000,00; dengan harga tinta Rp132.500,00 (hitam) dan Rp 199.000,00 (warna). Tersedia pilihan catridge dengan kapasitas lebih besar seharga Rp192.500,00 (hitam) dan Rp300.000,00 (warna). Sementara Pixma MX897 dibanderol Rp3.400.000,00 dengan tinta masing-masing warna Rp95.000,00 (hitam, cyan, magenta, kuning).

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.