Nilainya Paling Tinggi, Hasil Uji Kaspersky Internet Security 2012

JAKARTA, SENIN – Uji komparasi AV (antivirus) rutin digelar oleh lab independen, AV-Test.org. Nah untuk uji bulan Maret 2012, Kaspersky Internet Security 2012 (KIS 2012) mencuatkan nilai deteksi tertinggi, 99,3%. Angka ini mengungguli skor rata-rata produk-produk saingan dan juga lebih tinggi dibandingkan hasil di bulan Agustus 2011. Maka, rating Advanced+ pun disematkan oleh AV-Test.org untuk produk Kaspersky Lab yang ditujukan pada sektor konsumen itu.

AV-Test.org menguji 21 produk keamanan vendor, termasuk yang menyediakan sistem keamanan berbasis awan, dengan menggunakan 300 ribu sampel malware. Yang dievaluasi adalah efektivitas proses scan reguler dalam mendeteksi file berbahaya pada hard drive. Meski tidak merefleksikan penggunaan PC dalam keadaan sebenarnya, pengujian ini mendemokan efisiensi penggunaan software keamanan saat menghadapi beragam file berbahaya. Jumlah deteksi positif palsu saat scan database berjumlah besar atas aplikasi legal juga dimasukkan dalam hitungan pengujian.

KIS 2012 juga diuji terhadap berbagai database file bersih. Dalam tes ini KIS mencatat hanya sembilan pendeteksian positif palsu. Kesembilan kesalahan positif itu diberi rasio “low prevalence” oleh AV-Comparative – pada kenyataannya hanya beberapa ratus pengguna menggunakan software tersebut.

Dalam rilis persnya, Oleg Ishanov (Direktur Riset Anti-Malware Kaspersky Lab) mengatakan, “Meskipun kami melihat pengujian pendeteksian on-demand agak ketinggalan jaman dibandingkan dengan evaluasi Real-world yang lebih mencerminkan kehidupan nyata, tes ini memungkinkan kami menilai teknologi perlindungan dasar reaktif kami.”

Kalau mau tahu detil evaluasi AV-Comparatives on-demand itu, silakan kunjungi http://avcomparatives.org/images/stories/test/ondret/avc_fd_mar2012_intl_en.pdf

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: