Keren nih, Kamera 2 Gigapiksel Dikembangkan

JAKARTA, JUMAT –  Sebuah prototipe kamera yang mampu menangkap image pada resolusi dua gigapiksel telah dikembangkan oleh para peneliti AS di Duke University, North Carolina. AWARE2, begitu menurut tim Duke Imaging and Spectroscopy Programme (DISP) yang mengembangkannya, bisa mengambil foto-foto berdetail tinggi pada densitas 2000 megapiksel, atau 250x resolusi kamera 8MP biasa.

Bagaimana ya cara kerjanya? Begini. Sejumlah 98 kamera kecil atau mikro optik akan disinkronisasikan dalam satu perangkat. Masing-masing kamera beroperasi secara independe dan mencakup area field of view (FOV) 120×40 derajat.

Kamera itu juga punya modul kontrol HDMI link langsung untuk video HD 10fps. Tapi karena ukurannya besar (75x75x5 cm), ia agak kurang ‘enak’ untuk dibawa-bawa.

“”FOV adalah urusan menambahkan lebih banyak kamera, tanpa mengubah desain lensa objek atau mikro-optik,” kata DISP. “Dengan menggunakan desain optikal monosentris dan kamera-kamera mikro sebagai unti pemrosesan optikal umum, kami mengembangkan desain yang bisa mulai dari satu gigapiksel sampai 40 gigapiksel dan lebih besar.”

O ya, kendati densitas pikselnya tinggi, tim AWARE mengatakan bahwa dua gigapiksel bukanlah batas atas kemampuan kameranya. Mereka sedang mengerjakan kamera 5 – 10 gigapiksel sekarang, dan itu akan online tahun ini juga.

Di web page universitas pengembangnya, tim DISP menyebutkan bahwa mereka membayangkan kamera itu akan digunakan untuk keperluan militer, komersial dan masyarakat umum.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.