Silakan Dicoba, Versi Preview Distribusi OpenStack Siap-Enterprise Red Hat

JAKARTA, JUMAT – Ada berita menarik dari Red Hat bagi perusahaan yang ingin membangun awan pribadi atau publik. Pun termasuk pengelolaannya, yang juga mencakup IaaS (infrastructure as a service) hibrid.

Rilis preview OpenStack Red Hat yang berbasis kerangka kerja open source OpenStack sudah tersedia. Distribusi yang tanpa dukungan untuk publik berbasis Red Hat Enterprise Linux 6 bisa diunduh di www.redhat.com/tryopenstack. Versi ini adalah satu-satunya OpenStack siap-enterprise dengan dukungan komersial Red Hat. Rilis dengan dukungan lengkapnya diharapkan akan tersedia tahun 2013.

Saat ini portofolio komputasi awan hybrid RedHat terdiri dari Red Hat Enterprise Linux, Red Hat Enterprise Virtualization, Red Hat CloudForms, Red Hat Storage dan Red Hat OpenShift Platform-as-a-Service (PaaS).

OpenStack adalah kerangka kerja open source untuk membangun awan laaS pribadi dan publik. Solusi Red Hat ini melengkapi portofolio solusi komputasi awan open source-nya. Sekadar info, Red Hat merupakan kontributor ketiga untuk OpenStack secara keseluruhan. April lalu, perusahaan ini sudah mengumumkan niatnya untuk mendukung OpenStack Foundation, lembaga pengatur untuk menjaga proyek OpenStack, sebagai Platinum Member.

Proyek OpenStack dengan cepat berkembang menjadi solusi open source yang mampu memberikan kinerja, fitur dan fungsionalitas bagi organisasi untuk komputasi awan pribadi dan publik mereka. Proyek utama software ini adalah menyediakan layanan komputasi, penyimpanan dan pengelolaan jaringan, dengan sebuah layanan identitas bersama dan dashboard.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.