Mau Backup di Awan? Ada Arkeia dari WD

arkeiaJAKARTA, SENIN –– Storage kini tidak melulu di hardware eksternal maupun internal, tapi juga bisa di awan sana, alias di cloud. Makin banyak perusahaan, khususnya UKM/SMB, yang memanfaatkan cloud storage. Perlu di-backup tidak kalau nyimpan file di awan? Ya tetap perlu dong.

Nah untuk urusan backup awan, WD juga punya solusinya. Namanya Network Backup Arkeia versi 10.0. Versi betanya sudah dirilis Desember lalu, dan bisa diunduh di www.arkeia.com/new-in-v100.

Network Backup Arkeia v10.0 mengaktifkan backup awan hybrid dengan mengizinkan administrator untuk menggabungkan pemindahan data melalui media fisik dan Internet untuk membuat replika rangkaian backup ke atau dari penyimpanan awan jarak jauh. Dengan memanfaatkan teknologi deduplikasi progresif Arkeia yang canggih, organisasi SMB bisa melindungi data dalam volume yang besar di awan tanpa menghabiskan biaya bandwidth bulanan yang tinggi.Begitu kata WD.

Arkeia sebenarnya bukan murni bikinan WD, tapi hasil akuisisi dari Arkeia, sebuah perusahaan swasta berbasis di California. Software, peralatan dan peralatan virtual Arkeia menyimpan backup data ke disk, tape dan penyimpanan awan. Arkeia adalah pemilik paten teknologi Progressive Deduplication yang bisa mempercepat backup awan hybrid dengan mengurangi bandwidth yang diperlukan untuk mereplikasi set backup pada jaringan yang luas.

“Produk-produk Arkeia ini memperluas portofolio produk solusi untuk UKM yang terus berkembang,” kata Jim Welsh, executive vice president dan general manager Branded dan CE products WD dalam rilis persnya. “Organisasi SMB mengelola volume data bisnis penting yang terus berkembang, yang perlu disimpan, dikirim dan diamankan. WD Sentinel DX4000, server penyimpanan kecil yang mudah untuk dikelola, menyediakan kemampuan backup dan penyimpanan terpusat untuk UKM dan kelompok kerja, sedangkan software network backup Arkeia menyediakan solusi perlindungan data yang memiliki lebih banyak fitur bagi pelanggan SMB yang lebih besar,” tambahnya

Arkeia nantinya akan diintegrasikan ke Branded Product WD untu UKM. Namun sementara ini nama Arkeia masih dipertahankan. WD juga tetap mendukung semua pelanggan Arkeia untuk kontrak pemeliharaan dan paket layanan yang ada agar mereka tetap dapat menggunakan lini produk software dan peralatan Arkeia.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.