Google Traffic Kini di Bandung

bandungtrafficJakarta, Kamis – Kamu yang sering berlibur ke Bandung di akhir pekan tidak perlu lagi kuatir terjebak macet. Kemarin (6/3), Google Indonesia resmi mengumumkan pengaktifan fitur Google Traffic untuk kota Bandung.

“Kami harap ini akan membuat Google Maps lebih bermanfaat bagi pengguna internet Indonesia – terutama bagi Anda yang selalu terjebak macet di Bandung pada akhir pekan” jelas Vishnu Mahmud (Head of Communications, Google Indonesia) dalam rilis yang dikirim ke PCplus. Menurut Visnu lapis (layer) yang berisi data kemacetan jalan ditampilkan Google secara realtime dengan informasi berupa warna yang menunjukkan tingkat kepadatan tertentu seperti merah untuk lalu-lintas padat, kuning untuk padat merayap dan hijau yang berarti lalu-lintas lancar.

Data yang ditampilkan itu sendiri didapat dari berbagai sumber, termasuk instansi perhubungan, penyedia data pribadi dan pengguna Google Maps di smartphone yang mengirimkan data anonim melalui fitur crowdsourcing lalu-lintas. Data ini juga akan diperbaharui setiap menitnya untuk menampilkan situasi jalan terkini.

Google Traffic sendiri sebelumnya sudah diperkenalkan Google pada Juni 2011 lalu untuk daerah Jakarta dan sekitarnya menggunakan teknologi serupa. Saat ini Google Indonesia juga sedang menggarap fitur Street View yang menampilkan gambar kondisi jalan-jalan di Jakarta.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.