Wah, Nissan Siapkan Jam Pintar bagi Pengemudi Mobilnya

nissan-nismo-watchJAKARTA, SENIN – Jam pintar (smartwatch) mulai bermunculan. Tak hanya dari pemain komputer seperti Samsung, Qualcomm, dan LG, tapi juga dari produsen mobil Nissan. Nissan menjadi produsen mobil pertama yang membuat jam pintar.

Jam pintar besutan Nissan itu diberi nama Nismo Concept Watch. Jam pintar ini merupakan keikutsertaan Nissan untuk meramaikan pasar wearable technology. Sesuai namanya, Nismo Concept Watch dirancang Nissan khusus untuk para pengemudi mobil Nissan Nismo.

nissan-smartwatchMelalui jam pintarnya yang terkoneksi ke smartphone via Bluetooth, Nissan berniat menyajikan pada pengemudi Nismo data biometrik real-time, termasuk detak jantung. Jam yang rupanya seperti gelang ini memungkinkan penggunanya untuk memantaui kecepatan rata-rata dan konsumsi bahan bakar, juga mengakses telematika dan data kinerja kendaraan. Jam ini juga akan melacak dan memeringkat kinerja sosial penggunanya di Facebook, Twitter dan Instagram.

Nantinya, kata Nissan, jam pintarnya itu juga akan bisa melacak suhu kulit pengendara Nismo dan tingkat konsentrasinya. Jadi jam akan bisa memberi peringatan jika menilai si pengemudi merasa lelah.

Nismo Concept Watch akan tersedia dalam warna hitam, putih dan merah. Jam ini punya dua tombol operasi. Ia dimotori oleh baterai yang bertahan tujuh hari, yang dayanya diisi ulang via microUSB. Belum ada informasi remsi kapan jam pintar ini akan hadir di pasaran.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer