Tahun 2014, Chip Atom Bay Trail 64-bit Hadir di Tablet Android

intel atom bay trailJAKARTA, PCplus –  Chip 64-bit di perangkat mobile komersial? Sudah ada kok. Yang paling awal mengenalkannya ke pasar adalah Apple dengan iPhone 5S. Apple kemudian menambahkan nya dengan iPad Air dan iPad mini Retina. Samsung pun tak mau ketinggalan dan mengatakan akan meluncurkan chip 64-bit-nya tahun depan.

Lalu bagaimana dengan Intel? Penguasa chip ini mengatakan sedang mengerjakan chip Atom Bay Trail 64-bit untuk tablet Android. Dalam rapat investor,  CEO Intel Brian Krzanich mengatakan chip itu mungkin akan dirilis setelah chip Bay Trail 64-bit untuk perangkat Microsoft Windows 8.1 dirilis awal tahun depan. Hmm, tablet dan smartphone Android yang ada saat ini memang berbasiskan 32-bit. Sementara tablet dan perangkat 2-in-one dari Dell, HP dan Lenovo memang sudah mengemaskan chip Bay Trail 64-bit tapi berjalan di Windows 8.1 dalam mode 32-bit.

Krzanich mengatakan bahwa tablet Android dengan chip Bay Trail Atom 64-bit akan tersedia dengan harga mulai dari US$ 150. Ia memprediksi penjualan tablet berbasis Intel akan berlipat empat kali tahun depan, menjadi lebih dari 40 juta.

Namun tak disinggung-singgung kapan konsumen akan melihat tablet Android Bay Trail 64-bit pertama. Mudah-mudahan saja pada Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, AS Januari 2014, perangkat itu sudah terlihat ya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: