Friday, April 26, 2024
Berita Teknologi

Hiiii.. Malware PC Ini Bisa Menular Lewat Udara

duqu-virus

PCplus, Jakarta – Menurut kamu, mungkin nggak sih kalau disebut ada malware komputer yang bisa menyebar lewat udara? Sepintas rasanya mustahil, tapi tunggu sampai kamu melihat apa yang dikerjakan para peneliti asal Jerman ini.Ya, sekelompok peneliti komputer dari  Fraunhofer Institute for Communication, Information Processing, and Ergonomics, Jerman, baru saja mengungkap penelitian mereka  tentang kemungkinan penyebaran malware komputer lewat udara. Peneliti ini bahkan sudah memiliki sejenis purwarupa malware yang mampu menginfeksi sebuah PC tanpa harus terhubung ke jaringan komputer sekalipun. Caranya?

Metode yang dikembangkan oleh para peneliti ini adalah dengan memanfaatkan gelombang audio frekuensi tinggi untuk mentransmisikan data antara 2 PC yang berbeda tempat. Penelitian ini pun sukses mengirim data antar PC yang berjarak sekitar 65 kaki atau sekitar 20 meter. Dalam pengembangannya, jarak ini bisa diperpanjang dengan metode mesh, yakni tiap komputer mentransmisikan data yang sama ke komputer lain di dekatnya.

“Di artikel kami dijelaskan bagaimana konsep lengkap dari celah udara bisa dipertimbangkan sebagai media komunikasi oleh laptop melalui speaker dan mikropon internal mereka,” jelas Michael Hanspach, salah satu peneliti purwarupa ini. Michael menambahkan bahwa melalui media udara ini sebuah informasi bisa menyebar melalui jaringan mesh yang terinfeksi, lantas terhubung ke jaringan komputer yang terisolasi.

Percobaan dilakukan dengan melibatkan 2 buah komputer Lenovo T400. Dengan speaker dan mikropon bawaan kedua laptop tadi dibantu dengan aplikasi khusus yang biasa dipakai untuk mentransmisikan data lewat media air, para peneliti berhasil melakukan transmisi data lewat udara dengan melakukan beberapa modifikasi.

Meskipun belum ada kasus yang melaporkan penularan malware lewat udara, namun para peneliti menyarankan beberapa langkah untuk menghindari hal ini, yaitu dengan mematikan speaker dan mikropon PC saat tidak digunakan atau menggunakan semacam penyaring audio yang memblokir transmisi data lewat frekuensi tinggi.

 

 

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.