LG Bakal Bikin Mesin Cucinya Bisa Chat di Line

LG chat line
LG siapkan layanan HomeChat, sehingga kamu bisa memerintahkan peralatan itu bekerja lewat layanan perpesanan

 

Jakarta, PCplus –  Apa rasanya chatting dengan berbagai peralatan rumah tangga di rumah? Jadinya, cukup dengan mengetikkan perintah di berbagai layanan messenger yang kamu punya, kamu bisa memerintahkan mesin cuci, air conditioner, vacuum cleaner di rumah untuk bekerja atau berhenti. Asyik ya? Adalah LG yang membuat inisiatif seperti ini. LG menamakan layanan chatting ini dengan sebutan Home Chat. Rencananya LG akan menyediakan layanan ini di berbagai layanan pesan instan yang sudah ada seperti Kako Talk, Line, dan WhatsApp.  Tapi saat ini Home Chat ini baru ada di Line saja.
http://www.windows81brasil.com/

Lucunya, layanan chatting ini bersifat dua arah. Jadi, kamu bukan cuma memerintah berbagai peralatan itu. Tapi peralatan itu bisa berbalas dengan stiker dan peringatan. Misalnya, kamu chat dengan mesin cuci menyuruhnya untuk memulai mencuci. Nah, si mesin cuci akan membalasnya dengan mengirimkan stiker mesin cuci yang tersenyum dengan kelinci yang sedang memasukkan pakaian. Kalau pencucian sudah selesai, HomeChat akan memberitahu kamu dengan  stiker lainnya.

Bukan cuma dengan stiker, peralatan rumah ini juga bisa berbalas chat. Misal, kamu menulis kalau kalian sekeluarga akan keluar kota selama beberapa hari.  Maka peralatan rumah tangga ini akan membalas dengan berbagai respon yang lucu, sembari menanyakan apakah kamu akan menghidupkan mode liburan? Saat kamu mengatakan iya, maka lemari es akan masuk mode power-saving,  vacuum cleaner akan otomatis membersihkan lantai tiap jam 9, dan mesin cuci akan diatur untuk mencuci baju yang ada di dalamnya sehari sebelum kepulangan kamu.

Saat ini layanan chat ini baru tersedia dalam dua bahasa, Inggris dan Korea. Selain itu, baru beberapa peralatan yang bisa diajak “ngobrol”, yaitu lemari es, vacuum cleaner, mesin cuci, AC, dan smart oven. Meski demikian, ngobrol dengan mesin seperti yang dilakukan LG masih terdapat beberapa keterbatasan. Sebab, HomeChat tidak mengerti salah ketik alias typo dan kata-kata yang tidak sempurna. Saat LG melakukan demo di booth CES 2014, ternyata layanan yang masih prototype ini belum berjalan mulus. Layanan HomeChat ini diperkirakan baru akan meluncur di Line di akhir tahun ini.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^