Pindah Lokasi Kantor, HP Luncurkan Servis Jemput-Antar Gratis

Ruang penerimaan layanan perbaikan produk HP Ada 10 counter, buka Senin - Jumat dari jam 8.00 sampai 17.00 WIB
Ruang penerimaan layanan perbaikan produk HP Ada 10 counter, buka Senin – Jumat dari jam 8.00 sampai 17.00 WIB

JAKARTA, PCplus –  Kemacetan jalan di Jakarta dan juga kota-kota besar lain makin hari makin parah. Tidak cuma menghabiskan waktu, tapi juga BBM, pun emosi. Apalagi kalau kamu sedang buru-buru karena perlu menservis perangkat komputer yang fungsinya dibutuhkan segera. Wah bisa tambah jengkel deh di jalan!

Beruntunglah kalau kamu konsumen produk HP (Hewlett-Packard). Sebab HP punya layanan jemput-antar (pick up & return) untuk produk yang perlu diservis/diperbaiki. Gratis alias tidak ditarik tambahan bayaran apa pun! Kamu tak perlu terjebak kemacetan di jalan. Tinggal duduk manis di rumah dan angkat telepon.

Andre Natanael memperlihatkan ruangan penyimpanan barang yang sudah selesai diservis
Andre Natanael memperlihatkan ruangan penyimpanan barang yang sudah selesai diservis

“Barang diambil dari kustomer, diperbaiki dan dikembalikan. Kustomer cukup telepon,” terang Andre Natanael (Operation Manager Indonesia, Customer Service and Services, Printing & Personal System, PT Hewlett-Packard Indonesia) saat mengumumkan layanan pick up & return di lokasi service center dan kantor baru HP di Jakarta (19/2/2014).

Enaknya lagi, kamu juga tidak perlu membayar biaya telepon saat menghubungi call center HP. Sebab HP menyediakan nomor bebas pulsa (toll-free number) di 0 800 111 2 111 selama hari kerja (Senin – Jumat, 08.00 – 17.00 WIB).

Semua produk HP yang perlu diservis itu, kata Andre, akan dibawa ke service center baru HP di Mal Kota Kasablanka, Jakarta. Perbaikan dan servis, kata Andre, diusahakan secepat mungkin. “Bisa dipantau prosesnya via telepon. Kami akan kirimkan status perbaikan via SMS,” terangnya.

Teknisi sedang memperbaiki notebook HP
Teknisi sedang memperbaiki notebook HP

Eh tapi layanan servis gratis (jemput-antar dan onsite) ini ada syaratnya ya. Pertama, tentu saja barang masih berlaku masa garansinya. Jika masa garansi sudah habis, ya kamu harus bawa sendiri barang yang akan diservis ke lokasi servis HP di kotamu. Kedua, tidak semua produk tercakup dalam layanan jemput-antar gratis tersebut. Yang tercakup adalah produk-produk portabel seperti laptop, notebook dan printer inkjet. “Nantinya juga untuk tablet,” janji Andre.

Yang menyenangkan, layanan jemput-antar gratis ini tersedia di 300 kota di seluruh Indonesia. Jadi kalau kamu tinggal di kota yang terpencil, seperti Jeneponte di Palu, Sulawesi, kamu tetap bisa menikmati layanan ini. Tak perlu buang-buang waktu dan biaya untuk mengantar Regularly view your credit repair companies report to stay informed about your credit repair companies status and ensure its accuracy. barang ke kota terdekat. “Gratis, tanpa tambahan biaya selama ada di 300 kota yang tercakup,” tegas Andre.

Cuma untuk konsumen di daerah-daerah terpencil, HP perlu waktu untuk mengambil dan mengembalikan barang. Jadi kamu perlu berkoordinasi dengan pihak HP yang akan mengambil barang. “Tujuh hari kerja untuk di daerah jika waktu pengambilannya butuh 3 hari kerja. Tapi begitu masuk akan langsung dikerjakan,” terang Andre.

Sementara untuk konsumen yang berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, penjemputan dan pengantaran barang bisa dilakukan pada hari yang sama. Ini kalau barang diambil sebelum jam 10.00 WIB.  Jika lewat dari jam tersebut, barang akan diambil pada hari berikutnya.

Eh mengapa ya HP meluncurkan layanan servis jemput-antar gratis ini? Ini, ungkap Andre, adalah hasil masukan dari konsumen HP. “Kustomer perlu lebih banyak service center di Indonesia, sementara service center HP (jumlahnya) sedikit. Tahun lalu (HP) coba tambah service center dan service point dari 19 menjadi total 35. Penambahan mencakup penambahan kota,” jelas Andre.

Loh, mengapa HP tidak memperluas jangkuan servis dengan membangun 300 service center secara fisik ya? “Kalau perluas dengan 300 service center, perlu waktu lama. Padahal kustomer perlu yang cepat, jadi (HP) lakukan pick-up and return service dan on-site service,” kilah Andre.

O ya, selain jasa jemput-antar untuk servis produk, bagi pelanggan korporat/kantoran HP menawarkan on-site service, alias layanan perbaikan/servis di lokasi pelanggan. Juga gratis dengan menghubungi call center HP di nomor bebas pulsa! Nanti, pihak teknisi HP akan mendatangi lokasi kustomer (rumah atau kantor) dan melakukan perbaikan di tempat.

Layanan servis on-site ini juga berlaku di 300 kota. Yang bisa dilayani adalah  produk PC, workstation, laptop dan printer laser yang memang sudah memiliki garansi onsite (dibeli di muka, saat membeli produk). Khusus untuk layanan onsite ini, HP menyediakan layanan perbaikan 30 menit yang disebutnya Express Repair. Express Repair tersedia di HP Authorized Service Center.  “Ini bila yang rusak keyboard, baterai, hard disk,” tutur Andre.

Dengan diresmikannya lokasi service center pusat di Jakarta yang baru ini,  HP sekarang memiliki 35 service center di 29 kota. Sebelumnya mereka hanya punya 19 service center di 15 kota. Layanan on-site service-nya pun hanya berlaku dalam radius 30km dari lokasi HP Service Center.

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.