Usia 10 Tahun, Facebook Kuasai Sepertujuh Penduduk Dunia

facebookJAKARTA, PCplus – Hari ini, genaplah sudah 10 tahun Facebook hadir mengoneksikan kita semua di dunia maya. Mark Zuckberg, pendiri dan CEO Facebook, meluncurkan jejaring sosial tersebut untuk pertama kalinya tanggal 4 Februari 2004. Ketika itu namanya Thefacebook, dan dilahirkan sebagai media koneksi online bagi para mahasiswa AS.

Zuckerberg menciptakan Facebook di kamar asramanya di Harvard University.   Kini Facebook sudah berusia 10 tahun, dan sekarang juga punya trafik mobile.  Facebook memang sejak dulu ingin masuk ke pasar mobile dan sekarang ia berhasil. Mereka menepuk dada dengan mengatakan punya 945 juta pengguna mobile, 556 juta di antaranya aktif selama bulan Desember – naik 49% dari tahun ke tahun.

Berkat ledakan anggota mobile ini, Facebook mengumumkan telah mencatatkan pemasukan US $ 2,59 miliar pada kuartal keempat. Angka ini melampaui prediksi para analis. Aliran kas Facebook pun meningkat 63% dibandingkan kuartal empat tahun 2012.

Sebelum pengumuman itu, Facebook mengatakan akan memperluas fokus mobile-nya dengan meluncurkan Paper, aplikasi iOS bergaya Flipboard yang menurut para reviewer awal lebih baik dibandingkan aplikasi utama Facebook. Facebook juga dilaporkan akan menawarkan Graph Search kepada pengguna mobile.

Kendati Facebook dilaporkan kehilangan daya tarik di kalangan ABG, Zuckerberg mengatakan jejaring sosialnya itu punya total 1,23 miliar pengguna aktif, atau naik 16% tahun-ke-tahun. Angka ini setara dengan sekitar sepertujuh penduduk dunia.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.