Ditambah, Kapasitas Simpan OneDrive Bisnis

Microsoft-oneDriveJakarta, PCplus – Microsoft makin serius bertarung di pasar penyimpan data online. Buktinya, perusahaan bentukan Bill Gates ini mengumumkan penambahan kapasitas simpan data bagi pengguna OneDrive bisnis dari 25 gigabyte menjadi 1 terrabyte.

Peningkatan kapasitas ini berlaku baik bagi pengguna paket standalone (5 dolar/ pengguna/bulan) dan seluruh bundling paket Office 365 (5 dolar/pengguna/bulan sampai 22 dolar/pengguna/bulan). Pengguna bisnis yang sebelumnya menggunakan produk SharePoint juga disebut bisa melakukan peningkatan ke OneDrive khusus bisnis ini.

Naiknya kapasitas ini diberikan Microsoft sebagai salah salah satu strategi bersaing dengan layanan serupa seperti yang dimiliki Google Drive dan DropBox. Sebagai informasi, Google sebelumnya juga menurunkan harga paket bagi pelanggan perorangan menjadi 5 dolar per pengguna per bulan. Hanya saja, dengan harga yang sama tadi, Google cuma menyediakan kapasitas simpan data sebesar 30 gigabyte.

Kendati meningkat, ada beberapa batasan yang ditetapkan Microsoft untuk penggunanya. Salah satunya adalah batasan jumlah sinkronisasi yang hanya 5 ribu file Share Point. Hal ini bisa jadi masalah utamanya untuk pengguna dan layanan yang masih mengalami perubahan metadata yang diakibatkan oleh tools milik Share Point. Selain itu, ketiadaan aplikasi klien bagi pengguna sistem operasi Macintosh juga menjadi keterbatasan lain.

Dari informasi yang didapat dari rilis media resmi Microsoft, proses peningkatan ini akan mulai dilakukan ke seluruh pengguna pada beberapa bulan ke depan. Bagi pengguna yang mendaftar untuk layanan ini, Microsoft juga memberikan potongan setengah harga di tahun pertama untuk paket standalone (2,5 dolar per pengguna per bulan).

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.