Tuesday, March 19, 2024
Berita Teknologi

Printer 3D Siap Goyang Dunia Kecantikan

mink-3d-printerJAKARTA, PCplus – Ada perkembangan baru di pencetakan tiga dimensi (3D). Kamu bisa memakainya untuk mencetak kosmetik pribadi di rumah! Begitu disampaikan oleh Grace Choi, penemu printer 3D dengan nama Mink.  Choi berharap para perempuan berusia 13 – 21 akan menjadi pembeli printer-nya yang dibandrol kurang dari US$ 200.

Sepertinya tak praktis ya punya printer 3D hanya untuk mencetak makeup. Tapi kalau biayanya dipecah-pecah, sebenarnya hal ini tidak aneh-aneh amat. Pertama, kamu bisa menghabiskan banyak uang untuk membeli makup – mungkin mencapai jutaan rupiah setiap tahunnya. Kedua, pilihan yang tersedia di toko tidak unik. Kalau mau sesuatu yang berani, di luar warna pink dan merah, tidak banyak toko yang menyediakannya. Kalau ada, harganya sangat mahal.

Nah, Mink dirancang untuk memungkinkan kamu menangkap sebarang warna yang kamu lihat online atau IRL dan menggunakan software untuk menciptakan kosmetik dengan warna tersebut. Pewarna alis berwarna hijau apel? Tak masalah! Lip gloss silver? Bisa!

Masalah berikutnya adalah kualitas. Menurut Choi, kebanyakan makeup dibuat dari substrat yang sama. Dan “tinta” yang ia gunakan pun sama, jadi kualitasnya seharusnya paling tidak mirip.

Hmm, kita tunggu saja apakah Choi dan printer 3D Mink-nya akan sukses mengubah pasar makeup.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Komentar kamu