SSD Terbaru ADATA Pakai Marvell Controller

adata sp920TAIPEI, PCplus ADATA baru saja mengumumkan SSD (solid state drive) terbarunya, Premier Pro series SP920. Kinerjanya diklaim tinggi,  karena mengemaskan generasi terbaru Marvell controller dengan SATA III 6Gb/detik.  Untuk seri terbaru ini, ADATA menggunakan chip NAND flash, yang menghasilkan peningkatan drive space 7%.
SP920, tulis ADATA, didesain untuk performa yang tinggi pada beragam aplikasi, khususnya untuk file-file multimedia (data yang tidak terkompresi). Kecepatan sekuensial baca dan tulisnya mencapai 560MB/s dan 500MB/s. Menurut ADATA, kecepatan baca dan tulisnya  tetap tinggi, pun saat  kapasitas disk sudah terisi 90%. Padahal pada beberapa SSD, kapasitas yang nyaris penuh akan berdampak pada penurunan kinerja.
SP920 akan tersedia dalam beberapa kapasitas. Yang pertama diluncurkan adalah 128GB dan 256GB. Berikutnya akan diperkenalkan kapasitas 512GB dan 1TB. SSD ini datang dengan holder 2,5mm sehingga bisa dipasang pada bay 7mm atau 9,5mm.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.