Akan Susah Sharing Gol Liga Inggris

vine-PL

Pada momen Piala Dunia kemarin, ada cara baru menikmati dan berbagi kejadian menarik di sana, mulai dari cuplikan gol, gigitan Suarez, sampai diving-nya Robben. Caranya adalah dengan membuat GIF atau memanfaatkan video pendek yang disediakan Vine maupun Facebook.

Sayangnya, cara itu tidak bisa kamu lakukan di Liga Inggris yang sebentar lagi akan bergulir. Dalam wawancara dengan BBC, direktur komunikasi Premiere League, Dan Johnson, memperingatkan pecinta sepakbola kalau cara tersebut adalah ilegal. “Kami sedang mengembangkan teknologi yang akan memindai GIF, Vine, dan media sosial lain untuk mencegah hal tersebut terjadi” tambah Dan Johnson.

Langkah Premiere League tersebut tentu saja dilakukan untuk melindungi hak penayangan eksklusif yang kini dipegang oleh Sky Sport dan BT Sport. Fyi, dana yang harus dikeluarkan kedua stasiun televisi tersebut untuk mendapatkan hak siar Premiere League adalah 1 milyar poundsterling atau setara Rp.19,5 trilyun per musim.

Saat Piala Dunia lalu, FIFA sendiri sebenarnya juga langsung berusaha mencegah penyebaran cuplikan pertandingan via media sosial—namun gagal. Nah, apakah Premiere League berhasil melakukannya? Bagi pecinta bola, jawabannya sih semoga tidak ya, hehe..

Wisnu Nugroho

Managing Editor InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi penulisan fitur untuk bidang telekomunikasi dan solusi enterprise.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.