Awas! Malware Ini Menyerang Shared Folder Kamu

zusy_html_m2147a81b
Contoh tampilan folder yang terinfeksi malware Zusy (dok. Vaksin.com)

Jakarta, PCplus – Folder yang kamu bagi (shared) di jaringan tiba-tiba jadi penuh, padahal tak banyak atau mungkin tidak ada file di dalamnya. Nah, kalau ini terjadi, kamu mesti waspada, bisa saja folder bagi pakai tadi sudah terjangkit Trojan Suzy.

Yap, Trojan Suzy diketahui banyak menyebar di komputer yang terhubung ke jaringan, utamanya jika komputer tersebut membuka folder sharing tanpa dilindungi password serta bisa bebas dibaca tulis (full access).

Trojan Zusy menyebarkan diri dengan membuat kamuflase dalam bentuk file yang terkompresi sehingga susah di deteksi di jaringan. Bagi anda yang sering melakukan transaksi internet banking dan belanja online namun tidak memiliki perlindungan Bankguard, harap ekstra hati-hati karena Trojan ini memiliki tujuan utama mendapatkan keuntungan finansial dari intrusi data internet banking dan e-commerce dan sangat berpotensi mengakibatkan kerugian finansial,” begitu kata analis keamanan komputer Vaksin.com, Adang Jauhar Taufik.

Lebih lanjut, Adang menjelaskan cara virus ini menyebar yang sebagian besar memafaatkan media simpan portabel seperti flash disk, harddisk eksternal dan kartu memori. “Agar virus ini dapat aktif secara otomatis pada saat user mengakses drive/removable media, ia akan memanfaatkan fitur autorun Windows dengan membuat file autorun.inf dan file pendukung (nama file acak) dengan ekstensi .bat,” tambah Adang.

Supaya sulit dibersihkan, Zusy bisa lho memblokir aplikasi sekuriti termasuk antivirus saat dijalankan. Tools standar Windows macam regedit dan msconfig juga tidak akan bisa dijalankan jika komputer sudah terinfeksi.

Lalu, apa yang mesti dilakukan kalau komputer kadung terinfeksi malware ini? Pertama kamu mesti tutup layanan sharing folder yang sedang aktif, kemudian unduh aplikasi Security Task Manager untuk mematikan proses virus yang sedang aktif.

zusy_html_a367e80

Beberapa langkah pembersihan lain juga diperlukan untuk memulihkan sistem kamu. Lebih lengkapnya, silahkan simak langsung di alamat http://vaksin.com/2014/1014/zusy/zusy.html untuk langkah lengkap penanggulangannya.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.