P90, Smartphone Intel 64-bit Pertama Lenovo

lenovo p90JAKARTA, PCplus – Selama ini Lenovo setia menggunakan chip Mediatek sebagai prosesor smartphone-nya. Tujuannya tak lain adalah menekan harga jual. Namun loyalitas itu patah juga akhirnya dengan kehadiran P90.

P90 adalah smartphone pertama Lenovo yang menggunakan prosesor Intel Atom 64-bit quad core Z3560 1,83GHz dan modem Intel XMM 7260 LTE Advanced. Pemilihan Intel, bukan Mediatek seperti biasanya, tutur Jimmy Koeswandy (Customer Quality Advisory, PT Lenovo Indonesia) dalam media reviewers di Jakarta tadi sore (20/4/2015), karena Lenovo ingin menghadirkan keunggulan 64-bit.

Smartphone dengan bahan polikarbonat ini sudah mendukung koneksi 4G LTE 1800MHz yang umum dipakai di seluruh dunia. Di tanah air kita masih menggunakan LTE 900MHz, tapi menurut Jimmy, P90 lancar bergerak di jaringan 4G 1800MHZ milik XL di sepanjang Harmoni dan Sudirman di Jakarta.

Ditanami baterai 3900mAh, P90 yang berlayar 5,5″1920×1080 IPS 400 ppi dengan bobot 156 gram itu disebut Jimmy mampu bertahan 2 hari pemakaian. Daya baterai yang habis bisa dipulihkan dengan cepat berkat fitur Quick Charge.

Kendati P90 tidak dibekali slot microSD, kamu tak risau kekurangan kapasitas simpan. Sebab Lenovo menyediakan storage internal yang lega, 32GB, dan RAM 2GB.

Kamera belakang mengusung resolusi 13 megapiksel dengan fitur otofokus dan penstabil gambar optikal
Kamera belakang mengusung resolusi 13 megapiksel dengan fitur otofokus dan penstabil gambar optikal

Seperti layaknya smartphone masa kini, smartphone single SIM ini bisa diajak bernarsis-ria melalui dua kamera. Kamera depannya memamerkan resolusi 5 megapiksel dengan fitur sensor gerajan dan pemercantik foto. Sementara kamera belakang menyodorkan resolusi 13 megapiksel dengan fitur OIS (optical image stabilizer) dan otofokus.

Sisi kanan menampilkan dua tombol: bagian atas untuk volume up/down dan bagian bawah tombol on/off
Sisi kanan menampilkan dua tombol: bagian atas untuk volume up/down dan bagian bawah tombol on/off

Badan P90 cukup bersih. Di sisi kiri terdapat dua tombol: volume up dan down, serta on/off tepat di bawahnya. Sisi kanan menampilkan jack earphone. Bagian bawah menghadirkan port micro USB. Slot SIMcard disembunyikan di bagian dalam, kamu harus melepas casing belakang dan mencungkilnya untuk memasukkan kartu SIM.

Tertarik memilikinya? Sediakan dana Rp 3,999 juta. Harga ini sudah mencakup in-earphone dengan pengatur volume. O ya, P90 aslinya datang dengan OS Android 4.4 KitKat. Tapi ia bisa di-upgrade ke versi 5.0 Lollipop. “Kuartal dua,” janji Jimmy tentang smartphone yang berdimensi 150 x 77,4 x 8,5 mm tersebut.

Lenovo P90 bisa kamu pilih antara warna hitam, putih dan merah.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: