Thursday, June 20, 2024
Berita Teknologi

Wuih, Sensor Terbesar Hadir di Canon EOS 5DS & EOS 5DSR

(ki-ka): Yulianus Firmansyah Ladung - Professional Photographer, Merry Harun – Canon Division Director, PT Datascrip dan Kevin Ou – Professional Photographer berpose dengan kamera terbaru Canon dengan resolusi 50,6 megapiksel, pada saat acara Press Conference The Grand Launch of Canon EOS 5DSR dan EOS 5DS di Jakarta (30/5/2015).
(ki-ka): Yulianus Firmansyah Ladung – Professional Photographer, Merry Harun – Canon Division Director, PT Datascrip dan Kevin Ou – Professional Photographer berpose dengan kamera terbaru Canon dengan resolusi 50,6 megapiksel, pada saat acara Press Conference The Grand Launch of Canon EOS 5DSR dan EOS 5DS di Jakarta (30/5/2015).

JAKARTA, PCplus – Makin hari, kamera digital makin canggih. Tidak terkecuali kamera DSLR. Yang satu itu pun kian hari mengusung sensor dengan resolusi makin tinggi.

Berapa sih sensor terbesar untuk kamera DSLR saat ini? Produk terbaru Canon, EOS 5DS dan EOS 5DSR punya sensor CMOS 35 mm Full Frame dengan resolusi maksimal 50,6 megapiksel. Ini merupakan sensor terbesar untuk kamera DSRL saat ini.

Canon juga melengkapi kameranya dengan prosesor dual DIGIC 6 plus teknologi Optical Low-Pass Filter (LPF) Cancellation (untuk EOS 5DS) dan LPF Effect Cancellation (untuk EOS 5DSR). Untuk mengimbangi efek guncangan kamera akibat tingginya resolusi, Canon menerapkan fitur Mirror Vibration Control System. Getaran saat cermin bergerak diredam sehingga efek blur terminimalisir. Hasilnya, foto menjadi tajam dengan detail menawan. Kualitas fotonya diklaim mendekati hasil kamera medium format loh.

Kedua kamera ini sudah dibekali pengaturan Release Time Lag Arbitrary yang dapat mengurangi getaran kamera. Jadi exposure hanya dibuka pada saat cermin terbuka. Waktu jedanya bisa kamu atur dari 1/8 detik sampai 2 detik.
Di kamera yang mampu memotret kontinu sampai 5fps dengan resolusi penuh 50,6MP juga ada pilihan Picture Style terbaru, yaitu Fine Detail untuk memaksimalkan resolusi kamera dengan detail yang tajam pada foto-foto yang dihasilkan. Ini berguna bagi para fotografer yang memotret arsitektural, landscape, fashion, maupun pemotretan komersial.

Yang juga baru adalah sistem AE yang mengusung 150.000 piksel RGB + Sensor Metering IR,sehingga pengukuran metering menjadi lebih akurat. Sistem AF-nya sendiri punya 61-titik fokus yang setara dengan EOS 5D Mark III dan EOS 1DX.

Pengaturan seperti aperture, shutter speed, shooting mode dan focus mode dapat diaktifkan dan dinonaktifkan untuk menampilkan informasi yang berguna pada layar LCD. Eh, layout tampilannya bahkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Mau bikin film dari foto? Ada fitur Timelapse Movie untuk mengabadikan pemotretan timelapse yang dapat secara otomatis disatukan menjadi sebuah film. Jarak Exposure dapat diatur dari 1 detik sampai 99 jam, dengan jangkauan Exposure mulai dari 2 hingga 3600. Dengan fungsi tersebut, kamu bisa mengabadikan tanaman yang sedang tumbuh, awan yang bergerak serta kerumunan orang dalam bentuk video timelapse.

“Canon EOS 5DS dan EOS 5DSR hadir menjawab kebutuhan para pencinta fotografi yang membutuhkan hasil foto yang memuaskan dengan detail yang menakjubkan. Dengan beragam kelebihan dan keunggulan di dalamnya, kedua kamera ini cocok untuk digunakan mulai dari para penggiat fotografi landscape, foto studio hingga untuk kebutuhan fotografi komersial memerlukan resolusi tinggi,” ujar Sintra Wong (Division Manager of Canon Image Communication Product Div., PT Datascrip).

“EOS 5DS dan EOS 5DSR ini sangat tepat untuk fotografi yang mengidamkan kamera dengan resolusi tinggi setara Medium Format dalam fleksibilitas dan kecepatan AF DSLR,” tambah Merry Harun (Canon Division Director, PT Datascrip).

Ingin memilikinya? Siapkan dana Rp 55 juta untuk Canon EOS 5DS, atau Rp 58 juta untuk Canon EOS 5DSR.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer