Sunday, April 14, 2024
Berita Teknologi

Aquila Pro AI, Wifi Router Pintar dari D-Link

Jakarta, PCplus – D-Link mengenalkan mesh router dan extender teranyarnya, Wi-Fi 6/6E Seri AQUILA PRO AI. Perangkat ini dirancang khusus untuk meningkatkan konektivitas dan keandalan jaringan smart home. Sistem Wi-Fi mesh yang mutakhir ini sesuai dengan Matter standard terbaru yang memiliki built-in Algoritma AI bawaan untuk memastikan pengalaman Wi-Fi yang superior.

Baca Juga: D-Link Gabung Komunitas Open Invention Network

Router mesh Wi-Fi 6/6E baru menawarkan desain yang unik dengan menyeimbangkan unsur estetika dan fungsionalitas. Tampilannya yang elegan merupakan style tersendiri untuk setiap rumah modern. Sementara itu, fitur-fitur canggihnya memberikan pengalaman terbaik dalam smart home.

Dengan sistem Wi-Fi D-Link mesh, pengguna dapat menikmati kecepatan tri-band secepat kilat hingga 7.800 Mbps. Jangkauan Wi-Fi yang ditingkatkan, dan jaringan Wi-Fi seluruh rumah yang lebih cerdas dan andal. Router ini dilengkapi dengan satu port WAN 2,5 Gbps dan empat port LAN 1Gbps. Itu menjadikannya pilihan ideal untuk menyediakan konektivitas tanpa gangguan ke konsol game, streaming TV 4K/8K, PC, dan perangkat jaringan lainnya.

Kekuatan Teknologi AI Dalam Rumah

Ada enam pilihan model pada Seri AQUILA PRO AI yaitu MS78, MS60, MS30, M60, M30, dan E30. Model ini memberikan solusi Wi-Fi mesh yang komprehensif untuk menyesuaikan kebutuhan smart home yang berubah-ubah. Di antara enam model, terdapat tiga model yang sesuai dengan Matter Standard, seperti router Wi-Fi 6E tri-band MS78 AX7800, router Wi-Fi 6 dual-band MS60 AX6000, dan router Wi-Fi 6 dual-band MS30 AX3000. Model ini dapat berfungsi sebagai Matter-ready AP dan extender. Bertugas sebagai node utama untuk konektivitas tanpa batas dengan perangkat yang mendukung Matter Standard.

Tiga model lainnya (router M60 AX6000 dual-band Wi-Fi 6, router M30 AX3000 dual-band Wi-Fi 6, dan E30 AX3000 dual-band Wi-Fi 6 range extender) tidak mendukung Matter tetapi menawarkan kecepatan secepat kilat dan jangkauan yang unggul. Sistem mesh menjamin streaming dan game tanpa gangguan di seluruh rumah. Selain itu, semua model mendukung kontrol suara Amazon Alexa dan Google Assistant yang mempermudah user dalam mengaplikasikan model ini.

Algoritma D-Link AI, yang meliputi AI Wi-Fi Optimizer, AI Mesh Optimizer, dan AI Traffic Optimizer, dirancang untuk mengoptimalkan kinerja jaringan nirkabel guna memastikan koneksi yang stabil di seluruh rumah. AI Wi-Fi optimizer memberdayakan koneksi Wi-Fi dengan pemilihan channel otomatis untuk meminimalkan gangguan. Sementara AI Mesh Optimizer memungkinkan jangkauan jaringan yang cepat dan andal menggunakan pengoptimalan jalur otomatis dan kemampuan self-healing. Terakhir, AI Traffic Optimizer memastikan streaming video dan panggilan video 4K/8K tanpa gangguan dengan teknologi QoS berbasis AI.

Matter, Standar Pemersatu Industri untuk Smart Home

Matter adalah standar industri baru untuk perangkat smart home yang memungkinkan komunikasi dan integrasi tanpa batas antara berbagai produk dari berbagai produsen. Dengan Matter Standard, konsumen sekarang dapat menikmati pengalaman smart home yang terpadu dan lebih aman. Desain ini bertujuan untuk menyederhanakan proses set up ekosistem smart home. D-Link AQUILA PRO AI App akan menjadi aplikasi smart home yang mendukung Matter dengan antarmuka yang intuitif. Ia dapat memandu pengguna melalui proses orientasi langkah demi langkah yang mudah untuk menambahkan produk yang sesuai ke jaringan smart home mereka. Aplikasi ini menampilkan semua perangkat yang kompatibel dengan Matter di satu tempat. Memungkinkan pengguna mengelola dan mengontrol jaringan smart home mereka dari jarak jauh dengan mudah. Fitur smart scene akan memungkinkan pengguna menyederhanakan otomatisasi rumah untuk meningkatkan kehidupan dengan lebih cerdas.

“Kami sangat senang untuk segera memperkenalkan sistem mesh Wi-Fi 6/6E baru yang sesuai dengan Matter ke pasar,” kata CJ Chang, CEO dan Presiden D-Link Corporation. “Tujuan kami adalah menyediakan solusi Wi-Fi yang cerdas, andal, dan elegan kepada konsumen untuk membuat pengalaman smart home mereka menjadi lebih baik. Dengan fitur dan desain yang canggih, kami yakin bahwa Seri AQUILA PRO AI akan membantu menjembatani kesenjangan antara Wi-Fi yang cepat dan andal serta kenyamanan smart home yang terintegrasi penuh.”

Sistem AQUILA PRO AI Series Wi-Fi 6/6E Mesh akan tersedia mulai Q2 pada tahun 2023. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan AQUILA PRO AI di sini

Komentar kamu