ASUS Produksi NUC Intel

ASUS Produksi NUC Intel

San Fransisco, PCplus – Intel secara mengejutkan mengumumkan penghentian divisi Next Unit of Compute (NUC) miliknya awal bulan ini. Sebagai pewarisnya, Intel menunjuk raja pabrikan PC awal Taiwan, ASUS, untuk melanjutkan produksi NUC miliknya. Meskipun pernyataan perusahaan masih memberi “harapan” untuk pengembangan NUC di masa depan, Intel menghentikan “investasi langsung” dan akan mengandalkan “mitra ekosistem untuk melanjutkan inovasi dan pertumbuhan NUC.

Baca Juga: NUC, PC Kecil Tapi Cabe Rawit

Asus mendapatkan “lisensi non-eksklusif” untuk desain NUC Intel. Lisensi ini sebenarnya yang memberi kesempatan bagi perusahaan lain untuk memproduksi produk yang sama. Lebih lanjut, Intel juga mengatakan bahwa Asus akan “memproduksi, menjual, dan mendukung” sistem NUC saat ini yang menggunakan prosesor Intel generasi ke-10, ke-11, ke-12, dan ke-13.

“Intel mendukung produk NUC Intel dan akan memungkinkan dukungan garansi dan teknis yang berkelanjutan untuk NUC Intel,” kata juru bicara Intel Brent Camara seerti dikutip PCplus dari Arstechnica. “Proses dukungan yang ada akan terus berlaku untuk sementara waktu. Ketika ini berubah, Intel akan memberi tahu pelanggan dan distributornya.” tambahnya.

Asus sendiri sudah menjual lini mini desktop mirip NUC-nya sendiri. Termasuk telah membuat desktop gaming kompak, semacam NUC tower kelas atas Intel. Saat ini ASUS berada dalam posisi yang baik untuk melanjutkan produksi pada semua faktor bentuk NUC Intel yang berbeda. Meskipun belum jelas apakah desain NUC ASUS saat ini benar-benar akan menggantikan atau justru mengembangkan, menjual, dan mendukung dua lini mini desktop yang sama sekali berbeda.

NUC generasi berikutnya bisa membawa peningkatan besar untuk lini produk NUC. Dengan asumsi, mereka menggunakan prosesor Meteor Lake generasi berikutnya dari Intel. Meteor Lake akan menjadi CPU Intel pertama yang tidak sepenuhnya diproduksi oleh Intel sendiri. Ada campuran chiplet “tiles” dari Intel dan TSMC. Salah satu tiles tersebut akan menjadi GPU baru yang menggunakan arsitektur yang sama dengan GPU Arc Intel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version