Friday, June 21, 2024
Baru Terbit

Marak Penipuan Travelling, Yang Mau Liburan Wajib Cek Ini

Jakarta, PCplus – Musim liburan bukan cuma dimanfaatkan banyak orang untuk mencari tiket dan akomodasi murah. Tapi juga dijadikan ajang cari uang oleh para penjahat siber. Terkini, makin marak penipuan travelling yang makan korban. Bahkan para peneliti Kaspersky menemukan banyak penipu yang memanfaatkan ketidaktahuan pengguna dengan menawarkan tiket pesawat, reservasi hotel, dan paket wisata murah.

Baca juga: Kaspersky Who Calls, Anti Telepon Spam

Untuk membantu para wisatawan menghindari ancaman keamanan, para ahli perusahaan telah menjelaskan skema penipuan yang sering digunakan untuk menjerat para korban. Termasuk memberikan tips berguna untuk merencanakan liburan dengan aman. Ini dia diantaranya:

Penipuan tiket

Pakar Kaspersky menemukan banyak situs penipuan yang mengaku menawarkan tiket pesawat murah. Halaman phishing yang dibuat dengan rapih ini sering meniru layanan maskapai penerbangan dan penyedia tiket terkenal. Beberapa bahkan menampilkan detail penerbangan yang sesungguhnya dengan mengirimkan permintaan pencarian ke penyedia tiket yang asli dan menampilkan informasinya.

Namun, alih-alih mengirimkan tiket yang dijanjikan, penipuan ini bertujuan untuk mencuri uang dan menyalahgunakan informasi pribadi kamu untuk tujuan jahat. Ini bisa termasuk menjual detail informasi perbankan dan identitas kamu di situs gelap.

Penipuan akomodasi

Langkah penting berikutnya dalam merencanakan perjalanan adalah mencari tempat menginap, yang menjadi sasaran populer para penipu online. Salah satu penipuan akomodasi yang umum adalah iklan online palsu untuk sewa penginapan atau apartemen. Penipu online membuat iklan yang menarik di platform populer, menampilkan foto terbaik, dan menawarkan harga murah untuk menarik wisatawan. Namun, setelah pemesanan dilakukan dan pembayaran dikirim, ternyata tempat menginap tersebut tidak ada.

Jenis penipuan akomodasi lainnya menargetkan pemesanan hotel. Penipu online dapat membuat situs web palsu yang meniru platform pemesanan hotel yang asli. Situs web ini sering meminta pengguna untuk masuk menggunakan kredensial Facebook atau Google mereka, yang memungkinkan penipu mendapatkan akses ilegal ke akun media sosial atau email korban. Ini dapat menyebabkan pencurian identitas.

Penipuan survey dan giveaway

Penipu online membuat situs web palsu atau mengirim email yang mengklaim bahwa partisipan dapat memperoleh hadiah besar, seperti 100 dolar AS, dengan menyelesaikan survei perjalanan. Penipuan ini sering memangsa keinginan orang untuk mendapatkan keuntungan finansial dan kesediaan mereka untuk berbagi pendapat. Namun, survei ini dirancang untuk mengumpulkan informasi pribadi, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan bahkan informasi keuangan, dengan kedok persyaratan kelayakan atau pembagian hadiah.

Pada kenyataannya, hadiah yang dijanjikan tidak pernah terkirim, dan informasi yang diberikan digunakan untuk tujuan penipuan, seperti pencurian identitas atau akses tidak sah ke rekening perbankan. Selain itu, survei biasanya diakhiri dengan permintaan untuk membagikan Kembali situs tersebut kepada teman-teman agar mereka juga dapat menerima hadiah.

Menurut penjahat siber, skema ini masih menarik bagi para pengguna yang tidak menaruh curiga. Dalam kasus seperti itu, penjahat siber memanfaatkan korbannya sendiri sebagai alat untuk menyebarkan penipuan lebih lanjut.

Tips melindung diri

Untuk melindungi diri kamu saat merencanakan perjalanan atau liburan, pakar Kaspersky merekomendasikan hal-hal berikut:

  • Tetap berpegang pada situs web terkemuka
    Gunakan platform pemesanan perjalanan, maskapai penerbangan, dan situs web hotel tepercaya dan terkenal saat melakukan reservasi. Berhati-hatilah terhadap situs web asing atau mencurigakan yang menawarkan harga sangat rendah atau meminta informasi pribadi yang berlebihan.
  • Verifikasi keaslian situs web
    Sebelum melakukan transaksi apa pun atau memberikan detail pribadi, periksa ulang URL situs web untuk koneksi yang aman (cari “https” dan ikon gembok). Berhati-hatilah terhadap situs web dengan sedikit kesalahan eja atau nama domain yang tidak biasa, karena hal ini dapat mengindikasikan aktivitas penipuan.
  • Baca ulasan dan lakukan riset
    Teliti akomodasi, maskapai penerbangan, atau biro perjalanan yang akan kamu gunakan. Baca ulasan dari sumber tepercaya untuk mendapatkan gambaran tentang pengalaman wisatawan lain dan potensi bahaya apa pun.
  • Gunakan solusi keamanan
    Solusi keamanan tepercaya, seperti Kaspersky Premium, akan melindungi kamu dari semua bentuk penipuan baik yang dikenal dan tidak dikenal, termasuk phishing perjalanan (travel phishing).

Nah supaya penipuan travelling ini tidak menimpa kamu. Ada baiknya selalu berhati-hati ya.

Komentar kamu