Wednesday, April 17, 2024
Baru TerbitBerita Teknologi

ROG Zephyrus G14 dan G16, Laptop Gaming OLED Tipis

Jakarta, PCplus – ASUS ROG akan segera meluncurkan laptop gaming OLED paling tipis di dunia, yaitu ROG Zephyrus G14 dan G16. Dan kali ini, ASUS Indonesia mengundang rekan media untuk intip dan icip produk mereka sebelum secara resmi diluncurkan nanti.

Baca Juga: ROG Zephyrus S GX502GW, Gaming Tipis Performa Sadis

ASUS Indonesia berencana memasarkan laptop gaming entry mereka, TUF Gaming A15 (2024) bersama dengan Zephyrus G14 dan Zephyrus G16. Untuk laptop TUF Gaming A15 dan Zephyrus G14, keduanya sama-sama menggunakan prosesor AMD Ryzen 8000 series, sedangkan Zephyrus G16 menggunakan prosesor Intel Core Ultra 9 185H.

ROG Zephyrus G14

Desain keren ASUS ROG Zephyrus G14 baru
Desain ROG Zephyrus G14 baru (PCplus/Maseko)

Zephyrus G14 (2024) merupakan laptop 14-inci dengan panel ROG Nebula Display OLED. Layar ini punya resolusi 3K dengan rasio layar 16:10 dan refresh rate 120Hz. Response time-nya gegas hanya 0,2 milidetik saja. ROG Zephyrus ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 8000 Series. Prosesor ini dibekali Neural Processing Unit (NPU) yang khusus bekerja mengolah instruksi / aplikasi Artificial Intelligence (AI).

Di sektor grafis, laptop ini menyematkan NVIDIA GeForce RTX™ 40 Series. Tentunya chip keren ini sudah mendukung berbagai teknologi grafis modern. Mulai dari real-time ray-tracing, sistem DLSS Frame Generation, sampai DLSS Super Resolution. NVIDIA GeForce RTX™ 40 Series juga merupakan chip grafis paling optimal untuk mendukung eksperimen AI. Tensor Core di chip grafis ini memungkinkan akselerasi AI berperforma tinggi. Pekerjaan AI yang sebelumnya diproses selama 25 menit, sekarang bisa dilakukan hanya 25 detik saja.

ROG Zephyrus G14 terbuat dari bahan aluminium yang diproses dengan teknologi CNC miling, sehingga laptop ini memiliki durabilitas yang cukup kuat. Selain itu, laptop gaming ini juga sangat tipis dan ringan, dengan bobot hanya 1,5kg serta ketebalan 1,59cm saja. Meskipun memiliki dimensi yang tipis dan ringkas, namun ROG Zephyrus G14 memiliki sistem pendinginan yang sangat mumpuni. ROG mendesain teknologi Tri-Fan Cooling dan Pulsar Heatsink serta kipas Arc Flow 2.0 yang memiliki 138 bilah kipas dengan ketebalan masing-masing 0,1mm. Tak cuma itu, 6 speaker (2 tweeter dan 4 woofer) juga disematkan di dalam laptop berbadan tipis ini.

Layar OLED 120hz di ROG Zephyrus G14
Layar ROG Zephyrus G14 yang sudah mengusung teknologi OLED (PCplus/Maseko)

Tampilan cover belakang ROG Zephyrus G14 kini lebih sederhana namun tetap berkelas. Slash Lighting menggantikan AnimeMatrix yang sebelumnya menghiasi bagian belakang laptop Zephyrus G14.

Benchmark ROG Zephyrus G14

Untuk menguji performa laptop ROG Zephyrus G14 dengan layar OLED baru ini, digunakan game Cyberpunk 2077 sebagai aplikasi benchmarknya. Dan hasilnya bisa disimak pada video berikut ini :

ROG Zephyrus G16

Laptop gaming ROG Zephyrus G16 memiliki spesifikasi dan konfigurasi yang agak berbeda dibandingkan dengan ROG Zephyrus G14. Bukan sekadar spek sama dengan ukuran layar yang berbeda, akan tetapi ROG Zephyrus G16 ditenagai prosesor Intel Core Ultra 9 terbaru dengan kemampuan AI di dalamnya. Selain itu, layar ROG Nebula Display OLED berukuran 16 inci di laptop ini, memiliki resolusi 2,5K dengan refresh rate 165Hz. Masih memiliki dimensi yang tipis, namun bobotnya sedikit bertambah dengan 1,85kg. Yang sama dari ROG Zepyrus G16 dengan G14 adalah Slash Lighting di bagian belakang layar, RAM 32GB LPDDR5x serta fitur VRR (Variable Refresh Rate) yang terdapat pada teknologi NVIDIA G-Sync untuk kenyamanan bermain yang lebih maksimal.

Informasi mengenai harga dan lainnya, masih menunggu waktu peluncuran resminya dalam waktu dekat.

Komentar kamu