Wednesday, April 17, 2024
Berita Teknologi

Gandeng Intel, Microsoft Akan Buat Copilot Berjalan Lokal

Jakarta, PCplus – Microsoft telah mengumumkan bahwa tahun 2024 akan menjadi “tahun AI PC”. Dalam konteks ini, AI PC akan mencakup beberapa komponen perangkat keras yang saat ini belum umum pada sebagian besar sistem Windows. Salah satu komponen kunci adalah unit pemrosesan saraf (NPU) yang terintegrasi. Dengan NPU ini, Microsoft bekerjasama dengan Intel akan menjalankan Copilot di komputer lokal.

Baca Juga: Mengenal Neural Processing Unit (NPU), Chip Khusus AI

Berita ini datang dari Tom’s Hardware, yang mengonfirmasi bahwa PC AI akan mampu menjalankan “lebih banyak elemen Copilot” secara lokal. Saat ini, Copilot mengandalkan pemrosesan di sisi server bahkan untuk permintaan kecil. Hal tersebut dapat menyebabkan kelambatan saat mengakses informasi luas. Menjalankan model AI generatif secara lokal juga dapat meningkatkan privasi pengguna. Karena data tidak perlu dikirim ke server eksternal untuk pelatihan model lebih lanjut.

Saat ini, Windows belum sepenuhnya memanfaatkan NPU lokal. Alasannya karena mayoritas PC saat ini belum dilengkapi dengan komponen NPU. Fitur-fitur seperti penggunaan NPU pada webcam Surface Studio untuk efek video hemat daya dan penggantian latar belakang merupakan contoh penggunaan yang terbatas. Di sisi lain, sistem operasi Apple dan Google telah mengintegrasikan NPU untuk berbagai fitur pemrosesan gambar dan audio yang lebih luas. Termasuk pengenalan wajah, pengenalan objek, OCR, transkripsi, dan terjemahan langsung.

Penggunaan NPU akan makin masif

Intel juga menyatakan bahwa Microsoft akan mewajibkan penggunaan NPU pada “PC AI generasi berikutnya”. Hal tersebut guna mencapai kecepatan 40 triliun operasi per detik (TOPS). TOPS adalah metrik kinerja yang digunakan oleh Intel, AMD, Qualcomm, dan produsen lain untuk membandingkan kemampuan NPU mereka. Sebagai perbandingan, laptop dengan prosesor Intel Meteor Lake dapat menjalankan sekitar 10 TOPS. Sementara laptop dengan chip AMD Ryzen 7040 dan 8040 mencapai masing-masing 10 TOPS dan 16 TOPS.

Namun, tantangan bagi Intel adalah bahwa perusahaan pertama yang mungkin mengeluarkan NPU yang cocok untuk menjalankan Copilot secara lokal adalah Qualcomm. Prosesor Snapdragon X yang akan datang dari Qualcomm menjanjikan hingga 45 TOPS. Rumor juga mengindikasikan bahwa Microsoft akan beralih ke chip Qualcomm untuk versi konsumen tablet Surface setelah beberapa tahun menawarkan opsi Intel dan Qualcomm. Meskipun Microsoft baru saja mengumumkan pembaruan Surface Pro dengan chip Intel Meteor Lake, mereka hanya menjualnya ke bisnis. Nampaknya Intel dan Microsoft harus memikirkan jalan keluarnya sebelum bisa benar-benar menjalankan Copilot secara lokal.

Sebagai bagian dari program pengembangnya, Intel juga menawarkan “kit pengembangan AI PC” yang berpusat pada Asus NUC Pro 14, PC mini yang dibuat dengan silikon Meteor Lake dari Intel. Intel secara resmi berhenti membuat mini PC NUC tahun lalu, menyerahkan merek dan semua desainnya ke Asus.

Asus juga menangani semua layanan garansi dan dukungan perangkat lunak yang tersisa untuk NUC lama yang dirancang dan dijual oleh Intel. NUC Pro 14 adalah salah satu NUC baru pertama yang diumumkan sejak transisi, bersama dengan PC gaming mini ROG NUC.

Dipa

Penulis pemula yang ingin memahami seluk beluk dunia IT dan gadget.

Komentar kamu