Monday, May 20, 2024
Berita Teknologi

Pusat Transparansi Baru Kaspersky di Turki

Turki, PCplus – Kaspersky baru saja membuka Pusat Transparansi terbarunya di Istanbul, Turki. Di sini ini, para pemangku kepentingan perusahaan dapat mempelajari lebih lanjut tentang solusi Kaspersky. Termasuk meninjau kode sumber ataumemeriksa hasil audit independen. Wah keren ya.

Baca Juga: Tips Belanja Online Biar Aman dan Nyaman

Langkah ini merupakan perluasan lebih lanjut dari Inisiatif Transparansi Global (Global Transparency Initiative/GTI) yang telah dikembangkan oleh Kaspersky sejak 2018 silam. Tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan terhadap produk dan proses internal Kaspersky serta mempromosikan pendekatan berbasis bukti dalam penilaian keamanan produk TI.

Pusat Transparansi ini dibuka di Istanbul pada 29 April 2024 lalu. Dihadiri pendiri dan CEO Kaspersky, Eugene Kaspersky, pusat ini akan berfungsi sebagai fasilitas bagi mitra perusahaan, pelanggan, dan regulator di bidang keamanan siber. Di sini, mereka dapat meninjau kode sumber seluruh produk on-premise Kaspersky, pembaruan perangkat lunak, dan aturan deteksi ancaman. Selain itu, pengunjung juga dapat memeriksa hasil audit independen terhadap solusi perusahaan dan mengakses Software Bill of Materials (SBOM), yang berisi daftar komponen perangkat lunak yang digunakan dalam solusi Kaspersky.

Komitmen Kaspersky Di Industri Keamanan Siber Global

Kaspersky tetap berkomitmen untuk transparansi dalam industri keamanan siber global. Proyek pendidikan dengan institusi akademis terkemuka juga menjadi bagian penting dalam menjaga standar ini. Pada acara pengumuman Pusat Transparansi di Istanbul, Kaspersky juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Boğaziçi. MoU ini bertujuan untuk membangun kerja sama teknologi timbal balik dalam program akademik masa depan.

Sebagai bagian dari MoU, Kaspersky dan Universitas Boğaziçi akan meluncurkan Lab Transparansi yang berokus pada edukasi mahasiswa mengenai metodologi dan teknik evaluasi kualitas serta keandalan solusi dalam rantai pasokan. Lab ini sejalan dengan program peningkatan kapasitas siber perusahaan yang merupakan salah satu pilar GTI. Selain itu, Lab Transparansi akan memberikan seminar edukasi praktis, baik secara langsung maupun daring.

Eugene Kaspersky menyatakan, “Hubungan profesional dan bisnis kami dengan Turki semakin kuat. Kami membuka Pusat Transparansi di Istanbul dan menjalin kemitraan dengan Universitas Boğaziçi untuk meningkatkan ketahanan dunia maya di negara ini. Sebagai negara yang sedang melakukan digitalisasi dan menjadi kekuatan pendorong tren di wilayah META (Timur Tengah, Turki, dan Afrika), kami berkomitmen untuk berbagi pengetahuan dengan organisasi lokal agar perjalanan digital mereka berjalan lancar.”

Rektor Universitas Boğaziçi, Prof. Mehmet Naci İnci, menekankan pentingnya kolaborasi nasional dan internasional. Utamanya dalam bidang kecerdasan buatan, ilmu data, dan keamanan siber. Laboratorium Transparansi yang diluncurkan oleh Kaspersky dan Universitas Boğaziçi akan memberikan kontribusi bagi mahasiswa yang ingin berkarier di bidang ini.

Pusat Transparansi di Istanbul menjadi Pusat ke-12 dalam rantai Kaspersky GTI. Informasi lebih lanjut tentang Pusat Transparansi dan lokasinya dapat ditemukan di situs web resmi Kaspersky

Komentar kamu