Instal Windows 7 dari USB Flash Disk

Orang yang baru beli netbook bias jadi bingung ketika ingin instal sistem operasi. Bagaimana lagi? Netbook tidak dilengkapi DVD-ROM. Tapi, jangan khawatir. Ada banyak jalan menuju Roma.

Ada banyak perangkat yang bisa kamu pakai untuk install Windows tanpa perlu DVD-ROM. Contohnya, kamu bisa menggunakan USB flash disk. Contoh lain, pakai DVD-ROM eksternal.

Berdasarkan pengalaman PCplus, instal Windows 7 dari USB flash disk jauh lebih cepat ketimbang instal dengan DVD. Lagipula, risiko kegagalan instalasi dengan USB flash disk lebih kecil ketimbang pakai DVD. Bisa saja, DVD tidak bisa dibaca dengan baik karena sudah tergores atau optik DVD-ROM-nya sudah lemah. Bete kan kalau sudah lama menunggu, eh Windows tidak jadi terinstal?

Di artikel ini, ada dua ilmu yang mau dibagi. Pertama, kita akan membuat USB flash disk dari file ISO—kalau kamu punya. Kedua, kita akan buat dari DVD instalasi Windows 7. Buat cara pertama, kita butuh perangkat bernama Windows7 USB DVD tool yang ada di CD PCplus. Cara kedua cocok dilakukan di komputer yang ada DVD-ROM. Misalnya, kamu pinjam komputer teman kamu untuk membuat USB flash disk instalasi.

Oh iya, syaratnya yang harus dipenuhi untuk bikin USB flash disk instalasi ini gampang, cuma flash disk berukuran 4 GB.

1. Kamu tinggal jalankan Windows7 USB DVD tool. Klik “Browse” kemudian cari file ISO-nya lalu klik “Next”.

2. Kemudian pilih media yang akan digunakan. Karena ingin membuat installer dari USB flash disk pilih “USB device”.

3. Pilih drive USB flash disk-nya. Biasanya Windows7 USB DVD tool akan secara otomatis mendeteksinya. Klik “Begin copying”.

4. File akan di-copy. tunggu sampai selesai. Ketika sudah selesai, restart computer, masuk BIOS. Di bagian prioritas boot, ganti ke “Removable Storage”.

Jika kamu hanya mempunyai sumber dari CD/DVD kamu bisa menggunakan aplikasi WinToFlash.

1. Sama seperti Windows7 USB DVD tool, WinToFlash tidak perlu diinstal. Setelah download, ekstrak, tinggal klik ganda di file WinToFlash.exe muncullah tampilan WinToFlash.

2. Klik “Windows setup transfer wizard” sehingga muncul halaman “Welcome”. Klik “Next” saja. Tentukan drive yang berisi DVD instalasi Windows 7 dan drive USB kamu.

3. Muncul Windows License Agreement pilih “I Accept” kemudian klik “Continue”. Muncul peringatan kalau USB flash disk akan diformat. Klik “OK”.

4. Proses penyalinan akan berjalan. Tunggu sampai selesai.

5. Jika sudah selesai kamu coba tancapkan USB Flash Disk pada netbook kamu dan ganti prioritas boot-nya ke Removable Storage. Berhasil… berhasil… berhasil.

Andik Susilo
MVP Windows Experience

(disadur dari tabloid PCplus edisi 357)

59 thoughts on “Instal Windows 7 dari USB Flash Disk

  1. saya pernah pake yg iso gagal gan (tapi saya tidak tau file iso apa yg dikenali oleh windows 7 usb tool)

    cara ke 2 boleh dicoba kayanya….

  2. gan supaya bisa baca usb otomatis di cmos-nya harus dirubah ke setingan awal usb..la terus gimana kalau setelah itu gak bisa ngebaca (soalnya netbook punya ku kosangan belinya,utk drivernya apa kebaca..trim)

  3. Salut disini,,, aku banyak menambah pengetahuan tentang komputer walau aku belajar secara otodidak,,, infonya lebih banyak lagi ya,,, biar aku jadi pandai komputer

  4. Kalo pakai “Windows7 USB DVD tool” boleh jadi ngak bisa buat windows Xp, soalnya udah disebutkan Windows7 kan di softwarenya, trus *.iso apa sih yang mau terbaca di “Windows7 USB DVD tool”?? Aku nyoba kok ngak bisa *.iso filenya di insert.
    Kalo pakai “WinToFlash” harusnya bisa donk buat Xp, kan ada fasilitasnya, tapi kok ngak terbaca ya windows Xp nya saat booting?? jadi blank hitam aja layar.
    Tolong informasi lebih lanjut atau prosedur detainya ya….

  5. wintoflash bisa digunakan untuk instal xp pake usb. saya sudah coba dibeberapa laptop yg hddnya bisa diset ke ide lewat bios. kalo hddnya sata maka perlu integrasikan driver satanya ke xp. saat boot pertama kali, pilih text mode. setelah instal selesai dan laptop restart biarkan flashdisk tetap di tempatnya agar boot tetap dari flashdisk dan pilih gui mode. lanjutkan proses instal sampai restart kembali. jika sudah sukses terinstal, maka flash disk bisa dilepas dan kembalikan urutan boot ke hdd.

  6. Kalo saya sih…pake ultra ISO untuk bikin file ISO dari DVD Installer terus diburn deh..jadiin bootable disk

  7. kayae emang perlu dicobain ya….??? en bisa buat mbantu teman yang masih kebingungan cari DVD Windous 7, makasih infonya Pc+ ??

  8. cuma mau ngasih info,. kalo pake windows 7 usb/dvd tool waktu browseimage keluartulisan “not valid iso …” itu dikarenakan aplikasi tsb hanya mau menerima file yang didapat/dijual dari windows store,. file yang didapat selain dari windows store akan ditolak,. seperti nasib ane pake file .iso windows 7 MSDNAA dari kampus hasilnya nihil >.<

  9. saya sdh coba….eh restart ko balik ke proses instal awal lagi y????….apa flashdiskny dicabut dulu baru tar pasang lagi saat loading???…tx ye

  10. baru mau coba nih gan,
    beli netbook baru tapi ada yang ga bener di OSnya..
    ahirnya install ulang dehh
    but nice info

  11. terima kasih sharenya…
    saya sdh coba yg pake Windows7 USB DVD tool, saat pemindahan file ISO ke USB tidak ada masalah. Namun, masalahnya saat mau booting. Saya sdh set first boot-nya di USB. Saat mau booting dr USB, keluar notifikasi yg menyatakan bahwa NTLDR is missing. Kenapa bisa ya?? mohon pencerahannya… saat ini saya sdg coba pake UNetbootin, blm tau nih, msh proses ektrak dan copy filenya ke USB.

  12. @Admin
    Tapi kenapa ketika diinstal error? pas pada tahap kedua (setelah selesai format partisi, install windows, dll, setelah itu kan akan restart otomatis, nah disitu katanya boot error ). Mohon pencerahannya. Thanks

  13. @Admin
    Terima kasih, ternyata karena hard disk pada posisi SLAVE (bukan MASTER) jadi bot error. Dan setelah meminahnya ke MASTER, windows 7 berhasil diinstall.

  14. mohon penjelasannya gan..
    udah dicoba gan..
    tapi ketika tahapan installing update nya selesai trus reatart, windows mulai dari awal lagi…

  15. yeahhhh………sedot abiiiiiiiizzzzzzzzzzzzz…………..
    makasih gan hehehehe………………
    masalah terakhir ane g poenya disk installation win 7…….
    hiks2……

  16. Bung, bisa bantu saya gak, Lagi bingung abis nih.
    Saya baru punya notebook ASUS A53SM. Kan kosongan tuh (non-os). Saya coba install Win7 32bit dari orang (yg versi FlashDisk).Yg saya bingung pada waktu start install pertama2 seperti akan lancar, eeh….kenapa tiba2 minta CD/DVD drive device driver terus. Saya coba cari driver di flashdisk Win7 nya gak ada dan gak bisa, saya masukin CD driver bawaan ASUS tetap gak mau, apa karena di atas keping CD Asus drivernya tertulis “only for Win 7 -64 bit” ya? Saya cari driver utk DVD drivenya di website ASUS juga gak ketemu, heran saya. Yg bikin saya bertanya2, masa iya sih, kita mau nginstall Windows 7, malah diminta DVD drivernya? Herannya orang yg ngasih win7 di Flashdisk itu bisa loh nginstall di netbook Asus Eee PC yg gak ada DVD drivenya (Netbook Asus EeePc tsb punhya istri saya). Saya gak tau itu orang cara installnya bagaimana? Dan herannya lagi, karena sempat putus asa, saya coba install Win XP SP2 malah error terus (bluescreen yg ada banyak kalimat keterangan).
    Jangan2 bener notebook Asus A53SM punya saya itu gak ada dvd device drivernya? mohon bantuannya, terimakasih.

  17. ok… ternyata bisa ya instal OS via usb.. terimakasih ya infonya, ntar saya praktekan… (semga berhasil heheheh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version