Intel: Pusat Data Cloud Tak Harus Besar

JAKARTA, SENIN – Cloud computing atau komputasi berbasis internet identik dengan mesin-mesin server berukuran raksasa. Namun menurut Intel, asalkan menyediakan semua kebutuhan pusat data (data center) cloud tidak perlu harus besar.

Hal tersebut disampaikan Nick Knupffer (Regional Marketing Program Manager, Data Center Group, Intel APAC) hari ini (12/9) sembari mengenalkan Intel Cloud-in-a-box. Perangkat demostrasi intel ini menunukkan bahwa sebuah server cloud berukuran tidak lebih besar dari koper traver mampu menyediakan layanan yang aman serta lebih efisien dalam hal konsumsi energi.

Ada beragam teknologi khas Intel yang disertakan dalam Cloud-in-a-box tadi, seperti Intel Trusted Execution Technology (Intel TXT), Intel AES New Instructions (Intel AES-NI), Intel Intelligent Power Node Manager, Intel Cloud Builders, dan  dukungan dari Intel Software macam Intel Expressway Acess 360 dan Intel Expressway Gateway Service.

Setiap teknologi di atas meyumbangkan kekuatan yang umum dibutuhkan dalam komputasi cloud.  AES-NI misalnya, teknologi ini berperan dalam mengoptimalkan pengamanan cloud dengan bantuan instruksi baru yang ditanam dalam prosesor. Akibatnya, waktu yang dibutuhkan aplikasi dalam menerapkan algoritma pengamanan AES bisa jauh lebih singkat dibanding dengan sistem cloud yang belum mendukung teknologi ini.

Sejalan dengan instruksi AES, teknologi Intel lain bernama Intel Trusted Execution Technology (Intel TXT) juga punya peran penting dalam hal pengamanan di tingkat perangkat keras. Teknologi ini mengamankan cloud dari kemungkinan serangan malware dengan cara membandingkan 3 faktor kunci  server cloud, yakni BIOS, Firmware dan Hypervisor. “Ini menjawab pertanyaaan besar soal kemanan cloud yang sering diragukan oleh 70 persen Chief Informatin Officer (CIO) yang mengimplementasikan cloud”, kata Nick.

Intel Cloud-in-a-bos sendiri menggunakan 2 keluarga dari prosesor Intel Xeon yang dinilai paling stabil, tinggi dalam efisiensi, energi dan produktifitas. Mereka adalah Intel Xeon Processor 5600 series dan keluarga Intel Xeon Processor E7.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: