Binus Online Job Expo, Masih Jadi Favorit

Pengunjung Binus Online Job Expo mencari informasi seputar lowongan pekerjaan di salah satu kelompok bisnis Kompas Gramedia.

Jakarta, Kamis – Hari terakhir gelaran bursa kerja Binus Online Job Expo di kampus Universitas Bina Nusantara ramai dikunjungi para pengunjung. Kebanyakan adalah mahasiswa Binus, tapi tidak sedikit pula yang sengaja datang dari luar Binus untuk mencari lowongan di perusahaan-perusahaan favorit.

Fajar, mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta, sengaja datang untuk mencari lowongan kerja di bidang teknologi informasi. “Kalau di Binus banyak (lowongan) yang berhubungan dengan sistem informasi atau komputer, ya mungkin karena Binus terkenal dengan jurusan komputernya, jadi banyak yang menawarkan itu,” jelas Fajar.

Binus Online Job Expo memang tidak membatasi asal-usul pengunjung acaranya ini. Meski demikian, mahasiswa Binus yang ingin mengikuti bursa kerja ini diberikan banyak kemudahan ekstra. Misalnya saat akan memasukkan berkas lamaran. Binus Career selaku penyenggara telah mempersiapkan sistem online supaya mahasiswa bisa langsung mengirimkan berkasnya dalam bentuk digital. Berkas ini kemudan bisa langsung dikirim ke perusahaan yang diminati pncariĀ  kerja tanpa harus dicetak. Selanjutnya, pelamar kerja tinggal datang ke booth perusahaan favoritnya dan langsung melakukan wawancara atau tes.

Ada lebih dari 100 perusahaan yang ikut serta dalam bursa kerja kali ini, beberapa diantaranya perusahaan media besar macam Kompas Gramedia (Group of Magazine), SCTV, dan MetroTV. Perusahaan perbankan dan keuangan juga tampak berpartisipasi, seperti BCA, BII, Panin Bank, DBS, Adira Finance, Citibank dan lain-lain.

Seorang kandidat (kanan) berbincang dengan petugas perekrutan Bank Central Asia di Binus Online Job Expo, Jakarta

Untuk dapat masuk ke area bursa kerja, calon pelamar kerja diharuskan untuk membeli tiket seharga 5.000 rupiah per hari untuk mahasiswa Binus atau 15.000 rupiah per hari untuk pengunjung umum. Panitia juga menyediakan buku panduanĀ  seharga 10.000 rupiah. Binus Online Job Expo berlangsung di Kampus Binus Anggrek, dari Rabu (14/3) sampai Kamis (15/3) mulai pukul 9.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.