Thursday, May 30, 2024
Berita Teknologi

K-Bank Hadirkan Ekosistem Di Indonesia

Jakarta, PCplus – K-Bank, Bank Besar Thailand yang Siap Hadirkan Eksosistem Perbankan di Indonesia. K-Bank akan mengandalkan keahliannya di bidang eksosistem perbankan, yaitu penyediaan layanan keuangan dan perbankan yang terintegrasi secara online dan offline.

Baca Juga: Telkomtelstra Ungkap Peran Teknologi Digital Bagi Masa Depan Perbankan

Saat ini KBank berusaha menyesuaikan layanannya dengan kebutuhan ekonomi modern yang dinamis. Ia memiliki pengalaman yang luas dalam eksosistem perbankan di kawasan AEC+3 (ASEAN Economic Countries +3). Dan berkomitmen untuk memberikan pengalaman perbankan yang baik. Sekaligus berkontribusi dalam membentuk masa depan industri keuangan Indonesia.

K-Bank juga mendukung misi di Indonesia untuk meningkatkan inklusi keuangan melalui digitalisasi. Salah satu tantangan eksosistem perbankan Indonesia adalah kurangnya akses pendanaan bagi UMKM yang menjadi motor pertumbuhan ekonomi negara. Hal ini disebabkan oleh persyaratan jaminan yang sulit dipenuhi. Banyak UMKM belum mendapat manfaat dari eksosistem perbankan dan akses ke sumber pembiayaan alternatif.

Untungnya, pemerintah telah mengembangkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan bekerja sama dengan bank untuk menyalurkan dana kepada UMKM. Inisiatif kemitraan dan pengembangan produk seperti ini telah membantu jutaan UMKM di seluruh Indonesia untuk mendapat pendanaan.

Memanfaatkan model ekosistem perbankan

KBank menyadari potensi pertumbuhan eksosistem perbankan di Indonesia dan kebutuhan akan pengalaman perbankan yang terintegrasi bagi pelanggan. Untuk itu, KBank berupaya memanfaatkan model eksosistem perbankan untuk menawarkan layanan online dan offline yang terhubung bagi pelanggan Indonesia. KBank bertujuan untuk menyediakan berbagai layanan keuangan dan menciptakan pengalaman terpadu yang memudahkan pelanggan untuk mengakses layanan keuangan dan transaksi dengan lancar, nyaman, dan efisien di berbagai saluran.

Salah satu portofolio KBank adalah super eksosistem yang diterapkan di Thailand. Eksosistem ini melibatkan kemitraan dengan perusahaan-perusahaan unggulan di berbagai sektor, seperti e-commerce, perbankan sosial, layanan keuangan, pendidikan, kesehatan, energi bersih, dan pariwisata, untuk menciptakan pengalaman perbankan yang holistik dan terintegrasi.

KBank juga telah membentuk eksosistem transaksional di Vietnam yang melayani berbagai segmen pelanggan, mulai dari korporasi, bisnis menengah, pedagang ritel, hingga pelanggan individu. Sebagai bagian dari strategi ini, KBank Biz Loan, yang menjadi bagian dari aplikasi mobile banking K PLUS, memungkinkan pelaku bisnis mendapatkan modal dengan lebih mudah, tanpa harus menghadapi hambatan pada pembiayaan konvensional.

Didukung anak perusahaan

Kapasitas dan pengetahuan KBank dalam eksosistem perbankan didukung oleh anak usahanya, Kasikorn Business-Technology Group (KBTG) dan KVision. Mereka berperan penting dalam membangun eksosistem perbankan di seluruh ASEAN. KBTG adalah sayap teknologi KBank yang memiliki lebih dari 500 portofolio aplikasi dan mendorong inovasi dan kemajuan teknologi di KBank.

Salah satu pencapaian KBTG adalah K PLUS, aplikasi mobile banking terkemuka di Thailand, yang saat ini melayani lebih dari 21 juta pengguna di seluruh Thailand dan ASEAN. Sejalan dengan upaya KBank untuk memperluas bisnisnya di AEC+3, KBTG akan terus mendorong inisiatif digitalnya untuk memberikan pengalaman perbankan yang mulus dan berorientasi pada pelanggan.

Komentar kamu