Tuesday, March 5, 2024
Berita Teknologi

Pelanggan Blackberry Rajin Beli Aplikasi Berbayar

Platform Blackberry dianggap sebagai salah satu platform yang paling menguntungkan bagi developer. Sebab, pengguna perangkat mereka dinilai rajin membeli aplikasi berbayar ketimbang platform lainnya. Kerjasama Carrier Billing (pembayaran via operator) disebutkan RIM menjadi faktor suksesnya penjualan aplikasi berbayar di Blackberry App World. Saat ini, RIM telah melakukan kerjasama Carrier Billing ini di 40 operator di 36 negara.

Dalam rilisnya, RIM lantas menyodorkan sederet hasil riset. Berdasarkan penelitian yankee Research Group, BlackBerry App World dinilai punya tingkat unduhan berbayar perbulan yang lebih banyak daripada pasar Android. Bahkan pada Q2 2011, unduhan harian BlackBerry App World rata-rata 43% lebih banyak daripada App Store seperti disebutkan research2guidance. Sementara, 13%  developer BlackBerry menghasilkan lebih dari $100.000 dari aplikasi mereka di BlackBerry App World. Evans Data Corp menyebutkan bahwa nilai ini dianggap lebih besar dari developer Android atau Apple.

Nah, terkait dengan akan diluncurkannya OS terbaru mereka, Blackberry 10, RIM akan mengadakan pertemuan tahunan dengan para developernya.Pertemuan tahunan yang dikenal dengan Blackberry Jam ini, akan dilaksanakan Mei mendatang di Hilton Bonnet Creek di Orlando Florida, Amerika Serikat. Dalam kesempatan ini, RIM menggandeng para developer untuk lebih kenal dengan Blackberry 10. RIM akan berbagi seputar pengembangan aplikasi di lingkungan BB 10. Rencananya akan dibagikan pula 2000 henset Blackberry 10 bagi para developer.

Konferensi ini dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan BlackBerry World™, pertemuan tahunan terbesar bagi ekosistem BlackBerry. Sesi lab dalam acara ini akan membahas soal BlackBerry Native SDK, yang didukung oleh C/C++ dengan ketersediaan perpustakaan open source yang memudahkan pembuatan aplikasi. Blackberry 10 juga sudah mendukung HTML5. Sehingga pembahasan HTML5+BlackBerry® WebWorks juga bakal jadi perbincangan. Dukungan atas Adobe Flash membuat RIM mengajak developernya untuk mengenal The AIR, dengan SDK untuk BlackBerry untuk  membangun aplikasi menggunakan perangkat  Flash+AIR. Dibahas juga soal Runtime Android yang akan menjalankan aplikasi yang sudah dikemas dari file APK ke file BAR, demi kelancaran aplikasi Android yang akan dimainkan di perangkat BlackBerry.

Keterangan lebih lanjut soal konferensi ini kunjungi www.blackberryjamconference.com.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Komentar kamu