Makeover ‘Cari Gaya Rambut yang Pas’

Yang memperhatikan gaya rambut bukan hanya kaum wanita. Para kaum lelaki pun sudah sadar gaya. Tidak heran jika banyak model gaya rambut yang ditawarkan di aneka barber shop, gerai salon khusus pria. Jika tahun-tahun lalu gaya cepak atau model rambut spike yang berjambul menjadi tren. Boleh jadi, tahun ini gaya rambut ala boys band yang akan banyak diminati.

Tapi selalu saja para kaum lelaki bereksperimen di tempat potong rambut. Mereka kerap menjajal gaya rambut tertentu yang ada di poster model rambut atau karena melihat teman mereka bergaya rambut tersebut. Soal cocok atau tidak, itu soal belakangan. Padahal jika mau usaha sedikit, mereka bisa melihat cocok tidaknya sebuah gaya rambut sebelum gunting bergerak di antara rambut.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk keperluan ini adalah HairStyleNavi. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan model rambut untuk cowok namun juga aneka rambut untuk cewek. Namun, aplikasi untuk Android ini terbilang langka karena kebanyakan aplikasi sejenis tidak menyediakan model rambut untuk cowok. Cara pakainya pun tidak sulit. 

t1-430-Gb1

 

1. Instal aplikasi HairStyleNavi di smartphone Android kamu. Selanjutnya jalankan aplikasi. Halaman awal akan dipenuhi dengan sejumlah menu yang akan menjadi kontrol utama aplikasi.

 

 

t1-430-Gb2

 

2. Untuk awal, model rambut yang disediakan memang masih terbatas. Karena itu, kamu harus mengunduh dulu model rambut baru. Tap dulu [Add Contents] untuk men-download model rambut.

 

 

t1-430-Gb3

 

3. Tap [Download] pada seri model rambut yang tersedia. Tunggu proses download tuntas. Kamu bisa mengunduh banyak model rambut sebanyak mungkin yang dikumpulkan dalam paket Hair style.

 

 

t1-430-Gb4

 

4. Jika sudah, kembali ke menu utama. Tap [Shoot!]. Tap pada tap menu [Men’s]. Pilih jenis model rambut, “Very Short” (pendek sekali), Short (pendek), dan Medium (agak gondrong).

 

 

t1-430-Gb5

 

5. Pilih gaya rambut dari daftar yang disediakan. Tap [New photo] dan rekamlah wajah kamu. Jika ingin menggunakan foto wajah yang sudah ada di storage smartphone, tap [Choose from gallery].

 

 

t1-430-Gb6

 

6. Tap pada foto yang diinginkan. Aplikasi akan menyesuaikan secara otomatis antara foto wajah denganfoto model rambut yang dipilih. Seketika foto wajah akan diterapkan pada model rambut yang dipilih.

 

 

t1-430-Gb7

 

7. Foto wajah akan dimasukan ke dalam layer mask model rambut. Jika wajah terlihat terlalu besar atau terlalu kecil, gunakan tombol [-] atau tombol [+] untuk memperbesar atau memperkecil wajah.

 

 

t1-430-Gb8

 

8. Jika posisi wajah kurang pas, gunakan tombol geser kanan dan kiri. Jika miring, gunakan tombol rotasi. Jika ingin ditambahkan stamp, tap [Stamp] dan pilih logo stamp yang diinginkan.

 

 

t1-430-Gb9

 

9. Jika ingin diberi frame, tap tombol [Frame]. Jika sudah pas, tap tombol [Done]. Foto hasil akan disimpan dalam storage di smartphone dalam folder “Pictures”. Gambar tinggal disodorkan ke kapster sebagai panduan.

 

 

 

Naskah: M. Ravshan [jinggabubox@gmail.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version