Mempercepat Windows XP

configuration utilityMasih pakai Windows XP di PC dan laptop? Kendati Windows 7 sudah hadir, sebagian pengguna komputer ternyata masih cinta Windows XP. Plus, tool yang terserta pada Windows XP sudah terbukti ampuh dalam mempercepat kinerja PC.

Berikut adalah beberapa metode untuk mempercepat kinerja Windows XP.

  1. Bersihkan harddisk. Gunakan Disk Cleanup untuk membersihkan file yang tak diinginkan. Pada jendela Disk Cleanup, beri tanda centang pada bagian Files to Delete yang berisikan antara lain Downloaded Program Files, Temporary Internet Files, Recycle Bin, dan sebagainya. Klik OK untuk menjalankan proses pembersihan.
  2. Jalankan defrag pada hard drive. Gunakan tool Disk Defragmenter untuk menata file agar software pada sistem operasi Windows bisa secara mudah mengakses data. Pada jendela Disk Defragmenter, klik Analyze untuk menganalisis hard drive. Setelah proses analisis selesai dijalankan, klik tombol Defragment jika dirasa perlu untuk men-defrag.
  3. Jalankan Scandisk secara teratur. Untuk memastikan hard drive-mu berada pada kondisi normal, Scandisk setidaknya harus dijalankan sebulan sekali. Untuk menjalankan Scandisk, klik kanan pada My Computer, lalu klik Properties. Kamu akan mendapati tools perawatan PC, di antaranya Scandisk dan Defrag. Untuk menjalan Scandisk, klik Check Now. Pada jendela Check Disk, beri tanda centang pada semua opsi yang ada, lalu klik Start. Karena prosesnya bisa berlangsung berjam-jam, sebaiknya jalankan Scandisk saat kamu berangkat tidur atau pulang kerja, sehingga keesokan harinya PC mu benar-benar fit dan siap bekerja.
  4. Jangan lupa scan komputer agar terhindar dari serangan spyware dan malware. Spyware, malware, virus merupakan ancaman karena bisa menurunkan performa Windows XP. Mereka bisa merusak file sistem dan data. Salah satu antivirus yang bisa mencegah adalah Ad-Aware dari Lavasoft.
  5. Hilangkan efek visual. Berbagai efek visual pada sistem operasi Windows bisa memperlambat PC. Untuk memastikan kamu berada pada kondisi performa terbaik, klik kanan pada My Computer, lalu pilih Properties. Klik Advanced pada Performance, lalu klik Settings. Pada jendela Performance Options, klik pada radio button Adjust for best performance.
  6. Kelola aplikasi pada Start-Up. Pada saat kamu menginstal software baru, sebagian besar proses akan otomatis dijalankan ketika sistem sedang startup. Untuk mempercepat komputer, kamu harus menonaktifkan software yang tak perlu agar tidak loading saat startup. Caranya, ketikkan msconfig, lalu klik tab Startup pada jendela System Configuration Utility. Hilangkan tanda centang pada software yang tidak ingin dijalankan saat startup. Klik OK, lalu restart PC.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: