Windows Tweaker : Tweak Sistem dan Komponen UI

windows tweakerSebagian besar pengguna ahli ingin mengkustomisasikan sistem operasi Windows sesuai dengan preferensinya. Untuk itu mereka men-tweak Windows Registry dan Local Group Policy Editor. Windows Tweaker adalah aplikasi open source yang mampu menjalankan (lebih dari 100) opsi tweak yang terbagi menjadi 11 kategori. Windows Tweaker bisa diinstal pada sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.

Unduhlah aplikasi Windows Tweaker di alamat: https://sites.google.com/site/suresoftwares/.   Lalu ikuti cara menjalankan tweak sistem dengan Windows Tweaker berikut:

  1. Jalankan aplikasi Windows Tweaker. Pada jendela aplikasi, kamu akan mendapati 11 tab yang terdiri dari System, Explorer, Display, Right-Click, Places, Tasks, Features, Logon, Restriction, Maintenance, dan Utilities. Masing-masing tab menyertakan berbagai macam tweak.
  2. Klik tab System untuk menjalankan tweak pada Shutdown Configuration, Windows Installer, mengubah nama pengguna dan perusahaan pada Registration, menyunting informasi pada Edit Information, mengubah logo pada Logo, dan banyak lagi.
  3. Pengaturan terkait Windows Explorer bisa di-tweak dengan mengklik tab Explorer.
  4. Klik tab Display untuk mengubah dan menjalankan tweak pada opsi Display.
  5. Klik tab Right-Click untuk mengubah semua hal terkait dengan menu konteks, misalnya menu Send To yang muncul saat kamu mengklik kanan pada mouse. Pada tab Right-Click, kamu bisa mengubah opsi General, Add Custom Programs, dan Send to Menu.
  6. Klik tab Places untuk menentukan menu Open With dan fitur Startup Manager.
  7. Klik tab Tasks untuk menjadwalkan shutdown, mengelola opsi Special Hiding, dan banyak lagi.
  8. Klik tab Features untuk mengatur opsi Autoplay, Windows Update, Administrator Account, dan System Beeps.
  9. Klik tab Logon untuk mengelola pengaturan Windows login.
  10. Klik tab Restriction untuk menonaktifkan opsi Explorer, Start Menu, System, dan Taskbar.
  11. Klik tab Maintenance untuk menentukan opsi Start Tweaks, Memory Tweaks, dan Auto Reboot.
  12. Klik tab Utilities untuk memunculkan berbagai shortcut ke utiliti Windows, di antaranya Group Policy Editor, Event Viewer, Windows Registry Editor, Computer Management, Local Security Settings, dan banyak lagi.
  13. Klik tombol Save yang berada di masing-masing tab untuk menyimpan pengaturan dan tweak yang telah kamu buat.
  14. Klik Create a System Restore Point untuk membuat backup agar jika terjadi kesalahan saat tweak, sistem operasi Windows-mu bisa dikembalikan ke kondisi semula.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: