Manfaatkan Video Call di Facebook

Video Call memungkinkan kamu untuk melakukan pembicaraan tidak cuma melalui suara saja tetapi juga dengan bertatap muka melalui video dengan bantuan sebuah webcam. Namun tahukah kamu bahwa Facebook telah menambahkan fitur Video Chat sebagai salah satu layanannya. Layanan ini dihadirkan setelah Facebook bekerja sama dengan Skype, sebuah aplikasi yang terkenal dengan layanan Video Call-nya.

t1-435-v-call-gb00Salah satu keunggulan Video Chat melalui Facebook adalah kamu bisa langsung memilih kerabat yang ada melalui daftar teman yang telah dimiliki pada akun Facebook.

Agar Video Call bisa bekerja dengan benar, kamu memerlukan beberapa hal. Diantaranya akses Facebook melalui komputer desktop atau notebook, karena fungsi ini tidak bisa bekerja saat menggunakan smartphone atau tablet. Jangan lupakan untuk menggunakan webcam yang telah terinstal dengan benar. Jika ingin melakukan komunikasi dengan suara, tambahkan sebuah mikropon, atau satu buat headset yang telah terpasang dengan benar. Dan yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa koneksi internet dua pihak berjalan dengan stabil. Karena hal ini berpengaruh pada terhubungnya komunikasi antara dua pihak.

Fungsi Video Call pada Facebook dari Windows mampu berjalan pada beberapa peramban seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer (32-bit), Google Chrome, dan Opera.

Untuk memanfaatkan Video Call pada Facebook diperlukan beberapa langkah sederhana. Berikut caranya:

t1-435-v-call-gb01

 

1. Login akun
Masuk ke situs Facebook dan login menggunakan akun yang kamu miliki.

 

t1-435-v-call-gb02

 

2. Aktifkan fiturnya
Kunjungi alamat http://www.facebook.com/videocalling. Lakukan konfigurasi awal dengan mulai menekan fungsi Get Started.

 

t1-435-v-call-gb03

 

3. Nyalakan fungsi chat
Aktifkan fungsi Chat pada bagian kanan bawah, pilihlah salah satu teman yang hendak kamu ajak untuk melakukan video call. Teman tersebut harus dalam keadaan online yang ditandai dengan titik berwarna hijau.

 

 

t1-435-v-call-gb04

 

4. Pilih teman
Klik teman yang dituju, dan pada jendela terpisah, klik logo atau ikon video diatas menu. (Start a video call with…)

 

t1-435-v-call-gb055. Unduh add-on
Setelah klik, kamu akan diarahkan untuk mengunduh aplikasi tambahan yang nantinya mesti diinstal terlebih dahulu. File tersebut berukuran kecil dan kurang dari 1 MB (490kb) saja.

 

t1-435-v-call-gb06

 

6. Instal aplikasi
Instal aplikasi add-on tersebut dan tunggu hingga selesai. Setelahnya kamu tidak perlu me-restart komputer atau peramban yang digunakan dan bisa langsung menjalankan fungsi tersebut.

 

t1-435-v-call-gb07

 

7. Pastikan add-on terpasang
Setelah selesai diinstal, otomatis fungsi Video Call akan melakukan kontak dengan akun yang hendak kamu ajak bicara. Pastikan pula teman kamu tersebut telah menginstal aplikasi add-on seperti pada langkah ke 5 dan 6.

 

 

t1-435-v-call-gb088. Lakukan Video Chat
Jika lancar, maka akan tampil jendela video yang menampilkan video kamu dan lawan bicara. Kamu tetap bisa melakukan chat berbasis teks sambil berbicara melaluin video call dengan bantuan mikropon yang telah terpasang. Pastikan bahwa koneksi internet keduanya dalam kondisi stabil. Jika gagal saat menghubungi lawan bicara, kamu bisa mencobanya berulang-ulang sampai berhasil.

Selamat Mencoba.

 

 

Naskah: Dayu Akbar [umay.quinn@gmail.com]

Exit mobile version