Facebook Lite, Atasi Koneksi Internet yang Superlemot

fb lite

JAKARTA, PCplus – Jejaring sosial Facebook baru saja meluncurkan versi enteng dari app Android-nya yang disebut Facebook Lite. Ditujukan khusus untuk negara-negara berkembang, Facebook Lite enteng. Ukurannya hanya 1MB, sehingga cepat di-load dan di-update kendati dengan koneksi mobile Internet yang superlemot, termasuk 2G.

Dalam posting blog-nya, Shankar (Product Manager for Facebook Lite) mengatakan, “Hari ini kami mengenalkan Facebook Lite, sebuah versi baru dari Facebook for Android yang menggunakan lebih sedikit data dan bekerja baik di semua kondisi jaringan.

“Lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia mengakses Facebook dari beragam perangkat mobile di berbagai jaringan. Di banyak area, jaringan bisa lambat dan tidak mampu mendukung semua fungsionalitas yang ada di Facebook for Android.

“Facebook Lite dibangun untuk situasi seperti ini, memberi orang pengalaman Facebook yang handal ketika bandwidth minimal.

“Facebook Lite berukuran kurang dari 1MB jadi ia cepat di-instal dan di-load. Ia menyertakan pengalaman inti Facebook seperti News Feed, status updates, photos, notifications dan banyak lagi.”

Yang tidak hadir adalah video.

Agar hemat data, Facebook Lite tidak pernah melakukan pre-load gambar resolusi penuh. Foto dan thumbnail link preview di News Feed akan tampak kabur pada awalnya. Jika kamu men-tap-nya, barulah gambar akan di-load dalam resolusi penuh. Dan jika kamu mencoba mem-posting foto ke Facebook Lite, app akan memampatkan image dan mengirimkannya di latar belakang sehingga ia menjadi kecil dan kamu tidak perlu membuang waktu menatap layar.

Layanan Facebook Lite sudah mulai bergulir di Asia. Sementara wilayah Amerika Latin, Afrika dan Eropa akan mendapatkan giliran dalam minggu-minggu mendatang.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer