Nokia Siap Kembali Produksi Smartphone

150724993221

PCplus – Nokia tampaknya serius untuk kembali ke pasar smartphone. Setelah divisi smartphonenya diakusisi oleh Microsoft pada beberapa waktu lalu, Nokia kini sedang mempertimbangkan untuk kembali menghadirkan smartphone dengan merknya sendiri.

Juru bicara Nokia Technologies, Robert Morlino menyatakan bahwa pada saat menjual divisi ponselnya ke Microsoft, Nokia juga melepas bagian produksi, pemasaran, serta distribusi yang selama ini digunakan untuk mengembangkan dan menjual ponsel.

Dari pernyataan resmi yang dirilis oleh Nokia, Rajeev Suri (CEO, Nokia) menyatakan bahwa pihaknya saat ini sedang mencari mitra bisnis besar yang potensial untuk mengembalikan Nokia ke pasar smartphone dunia. Mitra bisnis yang diperlukan meliputi bagian produksi, pemasaran, serta distribusi. Jadinya, mitra-mitra bisnis ini yang nantinya akan bertanggung jawab untuk memproduksi, memasarkan, serta menjual smartphone dengan merk Nokia.

Pihak Nokia sendiri nantinya akan berperan dalam membimbing para mitranya untuk urusan desain serta diferensiasi teknologi untuk setiap produknya.

Kemungkinan besar, kemitraan ini akan menggunakan model lisensi brand dimana mitra produsen akan memproduksi perangkat yang akan dilabeli dengan nama Nokia. Sebelumnya, Nokia juga telah melakukan hal ini dengan Foxconn yang memproduksi dan menjual tablet Nokia N1.

Rencananya, Nokia akan kembali ke pasar smartphone pada akhir 2016, setelah berakhirnya perjanjian dengan Microsoft.

Exit mobile version