LG Tawarkan Hi-Fi Plus untuk Audio Lebih Tinggi

LGTawarkanHiFiPlusuntukAudioLebihBaik-1

Jakarta, PCplus – Seperti yang pernah PCplus sebutkan di sini, salah satu kelebihan dari smartphone LG G5 SE yang akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat ini adalah desain modularnya. Dengan desain seperti itu, LG G5 SE bisa menambahkan modul tertentu sesuai dengan kebutuhannya. Nah, untuk kamu yang ingin dukungan audio dengan kemampuan yang lebih tinggi, LG menawarkan Hi-Fi Plus. Modul ini menggunakan DAC dan headphone amplifier dari ESS Technology yang terkenal menawarkan chip audio berkualitas.

“Kenikmatan audio kualitas tinggi bukan lagi terbatas bagi mereka yang memiliki perangkat audio premium rumahan. LG G5 SE memberi peluang bagi lebih banyak orang untuk menikmatinya,” ujar Heegyun Jang (Head of LG Mobile Communications Indonesia).

Bagusnya lagi, LG Hi-Fi Plus yang dilengkapi dengan B&O Play ini bisa digunakan secara langsung menyerupai USB DAC eksternal tanpa LG G5 SE. Peranti tersebut bisa dihubungkan ke PC dekstop maupun laptop melalui port USB Type-C-nya. Bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas audio dari komputer lawas kamu.

Penggunaan modul yang terpisah seperti ini pun memungkinkan gangguan atau noise yang lebih rendah. Mirip seperti perbandingkan kartu suara eksternal dengan yang terintegrasi secara langsung pada motherboard. Efek ini juga dimungkinkan tatkala LG Hi-Fi Plus dipasangkan pada LG G5 SE.

LG Hi-Fi Plus menggunakan ES9028C2M untuk DAC-nya dan Sabre9602C untuk headphone amplifiernya. ES9028C2M dari ESS Technology mendukung resolusi audio sampai 32 bit 384 kHz. Sebagai informasi, CD-DA atau sering disebut dengan CD audio memiliki resolusi standar sebesar 16 bit 44,1 kHz. Begitu pula FLAC maupun MP3 yang diperoleh dari CD-DA bersangkutan. Selain PCM 32 bit 384 kHz, DAC ini juga menklaim dukungan DSD512. Namun menurut LG, Hi-Fi Plus takala dipakai bersama LG G5 SE hanya mendukung sampai DSD128 dan bila digunakan dengan PC dekstop atau laptop hanya bisa sampai DSD256.

Sementara Sabre9602C mampu memberikan daya yang lebih besar dibandingkan keluaran standar dari LG G5 SE. ESS Technology pun mengklaim headphone amplifier ini mampu mendukung headphone dengan beragam impedansi, mulai dari 8 Ω sampai 600 Ω. Sebagai catatan, tidak jarang headphone kelas atas memiliki impedansi yang tinggi, lebih besar dari 16 Ω atau 32 Ω.

Tentunya tidak semua calon pengguna LG G5 SE memiliki file audio yang kebanyakan berresolusi tinggi. Oleh karena itu, LG G5 SE bersama LG Hi-Fi Plus akan melakukan konversi ke resolusi yang lebih tinggi. Konversi ini diklaim bisa memberikan suara yang lebih baik.

LG Hi-Fi Plus akan hadir bersamaan dengan LG G5 SE dan akan dihargai sebesar Rp2.199.000,-. Rencananya tersedia pula paket spesial yang menyertakan LG Hi-Fi Plus secara langsung. Namun, belum ada informasi mengenai harganya.

Cakra

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pada pengujian perangkat elektronik seperti motherboard, prosesor dan komponen lain.