Ini Cara Hemat Baterai Laptop Paling Tepat

Kamu sering kesulitan karena baterai laptop cepat habis? Apakah itu laptop bisnis terbaik atau laptop lain yang serupa akan mengalami hal yang sama.

Baterai laptop yang cepat habis membuat pengguna bertambah emosi karena semua yang dikerjakan menjadi masalah. Saat bekerja di luar ruangan adalah solusi maka harus bergantung kepada colokan listrik.

Masalah baterai laptop ini sebenarnya ada cara untuk mengatasinya, antara lain:

Cabut Colokan Listrik Saat Sudah Penuh

Pastikan kamu jangan sampai terlena. Saat colokan listrik sudah penuh, segera cabut dari sambungan listrik. Beberapa laptop tidak dianjurkan untuk terus mengisi daya saat sudah penuh karena bisa membuat baterai cepat rusak.

Arus bolak-balik tidak baik untuk baterai laptop jenis apapun. Saat sarus pendek terjadi, baterai yang seharusnya menyimpan daya malah membalikkan daya ke arah semula sehingga tidak ada daya baterai yang disimpan. Maka, segera cabut colokan listrik kalau sudah penuh.

Isi Baterai Saat Benar Habis

Sangat dianjurkan untuk mengisi daya baterai saat benar-benar habis. Dalam kondisi baik, laptop yang sudah habis daya diisi dalam posisi mati sebelum digunakan kembali. Pada laptop tertentu ini berakibat baik karena tidak ada pemakaian dan kondisi pengisian daya tidak saat sedang digunakan. Laptop tidak dipaksa kerja duakali yaitu bekerja dan mengisi daya.

Baterai yang diisi harus dipastikan penuh baru kemudian dicabut dari aliran listrik. Jangan juga dibiarkan tersambung ke listrik sampai pagi yang berakibat tidak baik pula karena kepenuhan daya.

Aktifkan Mode Hemat Baterai

Pada beberapa laptop terbaru, sudah tersedia mode hemat beteraia yang sangat bisa diandalkan dalam beraktivitas. Saat mode hemat baterai diaktifkan maka pekerjaan akan lebih aman karena baterai lebih hemat. Meskipun pada kenyataannya layar lebih redup dan ini tidaklah berakibat jelek terhadap pemakaian.

Laptop Hidup Secara Kontinu

Sebuah laptop yang disimpan dalam waktu lama sangatlah tidak baik, alasannya adalah daya baterai yang habis tidak terpakai dan baterai menjadi rusak karena tersimpan di dalam komponen laptop lain.

Untuk laptop yang bisa dicabut baterainya, jika tidak dipakai dalam waktu lama malah dianjurkan untuk mencabut baterai lalu dipasang kembali saat digunakan.

Nah, inilah cara aman untuk menjaga baterai laptop, termasuk menjaga baterai laptop bisnis terbaik.

Bai Ruindra

📝Writer 🕵️Teacher 🥇Pemenang WritingthonAsianGames 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing 📩[email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: