STT Jakarta 1, Data Center di Bekasi

Luar Biasa, Ada Data Center Baru di Bekasi

Jakarta, PCplus – Warga Bekasi, ada data center baru nih kota kalian. PT ST Telemedia Global Data Centres (Indonesia) atau PT STT GDC Indonesia baru saja meluncurkan pusat data pertamanya di Bekasi, Jawa Barat. Namanya STT Jakarta 1. Pusat data ini mampu menunjang kapasitas TI hingga 72 megawatt dan mendukung hingga 19,5 MW.

Baca Juga: Managed Switch DGS-2000 Terbaru dari D-Link

Fasilitas baru ini merupakan bangunan pertama di area kampus dan dikembangkan oleh Triputra Group dan perusahaan investasi global Temasek. Data center baru di Bekasi ini tidak hanya menyediakan infrastruktur digital yang penting. Tetapi juga menawarkan solusi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan komputasi saat ini.

Standar dan fasilitas terbaik

STT Jakarta 1 pun dibangun untuk mendukung ekspansi jangka panjang ekonomi digital Indonesia. Data center di Bekasi ini memiliki luas lahan 18.000-meter persegi yang memenuhi kebutuhan khusus bagi perusahaan cloud, teknologi, perbankan dan keuangan, serta konten, game, e-commerce, dan pelanggan perusahaan lainnya. Fasilitasnya antara lain:

  • Perimeter gedung yang sangat aman yang diperkuat dengan pengawasan keamanan 24 jam, pelacakan pergerakan di tempat, dan kontrol akses biometrik.
  • Desain minimal lorong di ruang data, mengoptimalkan pemanfaatan ruang kosong. Tata letak ini memungkinkan fleksibilitas maksimal dalam penempatan rak, memfasilitasi penggunaan ruang yang tersedia di dalam pusat data secara efisien;
  • Desain bangunan yang sesuai dengan SNI1726:2019, memastikan kepatuhan terhadap standar seismik. Komponen struktural dan non-struktural dirancang dengan Faktor Kepentingan 1,50. Ini meningkatkan ketahanan pusat data terhadap kejadian seismik dan memastikan operasinya tidak terganggu.
  • Tersertifikasi Tier III Uptime Institute dan TIA-942 Rated 3 yang memberikan kepercayaan bagi pengguna pemerintah dan perusahaan.
  • Sertifikasi LEED Gold, memastikan pusat data baru ini merupakan salah satu pusat data paling berkelanjutan di Indonesia.
  • Kesiapan infrastruktur untuk komputasi terbaru, seperti GPU untuk mendukung gelombang permintaan yang didorong oleh AI, termasuk opsi pendingin udara dan cairan.
  • Lokasi yang strategis di dekat jalan tol Jakarta-Cikampek, menyediakan konektivitas yang sangat baik ke rute transportasi dan logistik internasional.
  • Standar operasional global STT GDC yang telah terbukti dan disempurnakan selama lebih dari sembilan tahun dan lebih dari 50 pusat data colocation di seluruh dunia.

“Pusat data memainkan peranan penting dalam mengembangkan ekosistem digital di Indonesia, yang memerlukan kolaborasi antara mitra teknologi dan konektivitas. Dengan infrastruktur mutakhir, lingkungan yang aman, dan solusi yang terukur, STT Jakarta 1 memiliki posisi yang unik untuk mendorong kolaborasi dalam ekosistem digital. Memberdayakan organisasi untuk menavigasi lanskap digital yang dinamis dengan cepat dan mantap,” kata Hendrikus Hendra Gozali, Country Head, Indonesia, PT STT GDC Indonesia.

Didukuang 5 mitra strategis

PT STT GDC Indonesia juga telah menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) secara terpisah dengan lima mitra.  MOU pertama ditandatangani bersama PT Berca Hardayaperkasa, sebuah perusahaan teknologi informasi dan komunikasi terkemuka, berfokus pada penjajakan layanan managed service yang akan diterapkan di STT Jakarta 1.

Nota kesepahaman tambahan ditandatangani dengan:

  • PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave), sebuah perusahaan infrastruktur konektivitas.
  • PT Lightstorm Indonesia Telekomunikasi (Lightstorm), sebuah platform infrastruktur jaringan yang bersifat carrier-neutral
  • PT PGAS Telekomunikasi Nusantara, penyedia jaringan telekomunikasi berbasis serat optik internasional dan domestik Indonesia
  • PT Sinergi Inti Andalan Prima Tbk (Sinergy Networks), sebuah perusahaan jasa telekomunikasi.

Masing-masing mitra konektivitas tadi akan mendirikan point-of-presence (PoP) di STT Jakarta 1 untuk melayani kebutuhan konektivitas domestik, regional, dan internasional para pelanggan di kampus pusat data

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *