Review ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG

[section_title title=Antarmuka ZenUI]

Antarmuka Asus ZenUI
Untuk menghadirkan pengalaman pengguna, Asus mendesain antarmuka khusus yang disebut dengan ZenUI. Pada Zenfone 2 Laser 5.0, antarmuka yang digunakan adalah versi terbaru yakni ZenUI 2.0 dan berjalan di platform Android Lollipop 5.0.2. Antarmuka ini menghadirkan lebih dari 1.000 modifikasi dibandingkan dengan antarmuka standar bawaan sistem operasi Google Android.

Selain desainnya cantik, ia juga memiliki kustomisasi tingkat lanjut agar smartphone yang digunakan oleh pengguna benar-benar sesuai dengan keinginan atau kebiasaan pengguna. Untuk kamu yang suka dengan kustomisasi secara menyeluruh, ZenUI ini adalah custom ROM yang sangat menarik digunakan. Tidak heran, meski perangkat berbasis ZenUI seperti Zenfone generasi pertama, seri Fonepad dan Padfone S baru terjual sekitar 18 juta unit, aplikasi bawaan ZenUI sudah terunduh lebih dari 150 juta kali melalui Google Playstore.

11-ZenUIKamu dapat memilih berbagai macam tema yang bisa disesuaikan tampilan, warna, screensaver, icon dan hal-hal lainnya agar sesuai dengan seleramu. Semuanya dapat di unduh dari galeri tema atau bisa juga dengan men-download tema yang tersedia di internet. Sehingga, kalau kamu bosan dengan tampilan smartphone, kamu hanya perlu mengganti temanya saja agar terasa seperti smartphone baru.

Untuk kamu yang senang mengakses aplikasi secara cepat, ASUS ZenUI dilengkapi dengan ZenMotion. Fitur ini sangat memudahkan karena dapat membukan aplikasi secara langsung dengan mengusap membentuk huruf di layar smartphone meskipun dalam keadaan terkunci. Contohnya, ketika kita mengusap membentuk huruf “C” pada layar, maka smartphone akan langsung membuka aplikasi kamera, usap layar membentuk huruf “V” maka smartphone akan langsung membuka dialer untuk melakukan panggilan.

Dari segi keamanan, ASUS ZenUI diracik bersama perusahaan anti virus ternama Trend MicroTM Security untuk menjaga data kamu tetap aman. Begitupula pada privasi. Ketika smartphone kamu dipinjam orang lain, gunakan saja fitur SnapView yang bisa membuat akun user baru tanpa hak akses ke data ataupun aplikasi di akun user kamu punya.

Smartphone ini juga aman untuk anak. ZenUI memiliki Kids Mode yang bisa membuat tampilan khusus dibuat hanya untuk anak-anak saja. Kamu juga bisa menyembunyikan aplikasi agar tidak muncul pada Kids Mode. Takut anak-anak terlalu lama bermain di smartphone itu? Tidak masalah. Pada Kids Mode, kamu bisa kita atur waktu mundur sampai kapan Kids Mode akan berakhir dan smartphone akan terkunci kembali.

Selain itu, ada pula Easy Mode yang membuat tampilan smartphone jadi lebih ringkas. Teks icon semakin besar dan mudah terbaca seperti layaknya sebuah ponsel biasa, namun tetap memiliki performa luar biasa. Dan kalau kamu merasa layar smartphone ini terlalu besar, silakan aktifkan One Hand Operation Mode yang bisa mengecilkan ukuran layar agar mudah dioperasikan dengan satu tangan.

Dipa

Penulis pemula yang ingin memahami seluk beluk dunia IT dan gadget.